Ketahui Biaya Tune Up Mobil dan Manfaatnya untuk Kendaraan Kesayangan


INFORMASI mengenai besaran biaya tune up mobil penting diketahui Anda selaku pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya,  tune up mobi menjadi salah satu jenis perawatan kendaraan agar senantiasa sehat.

Seperti diketahui, tune up mobil perlu dilakukan secara rutin setidaknya 6 bulan sekali, atau satu tahun sekali. Dengan perawatan ini, Anda dapat mengetahui ada tidaknya masalah pada mobil sekaligus menjaga agar performa mobil tetap baik.

Selain rutin memeriksa kondisi kendaraan, penting untuk Anda memiliki asuransi mobil untuk memberi perlindungan biaya saat melakukan perbaikan. Baik karena kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan, bencana alam seperti terendam banjir, maupun kehilangan karena dicuri orang. 

Jika Anda belum memiliki produk proteksi bagi kendaraan, maka bisa membelinya di lifepal.co.id - asuransi 100% online.

Manfaat Tune Up Mobil 

Rutin menjalani tune up mobil, maka akan meraih beragam manfaat berikut ini:

1. Menjaga performa mesin mobil
 
Jika tidak diperiksa dan dirawat secara rutin, mesin mobil rentan mengalami kerusakan yang bisa membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. 

Saat kondisi tersebut dibiarkan terlalu kama, maka dapat menyebabkan mesin tiba-tiba mati di tengah jalan saat Anda sedang berkendara di jalan raya.

2. Menjaga kondisi mesin mobil

Sebagai bagian dari komponen penting dalam kendaraan, mesin mobil perlu dirawat dengan baik agar performanya senantiasa terjaga. 

Karena itu, butuh rutin menjalani tune up mobil agar menjaga kondisi mesin tetap baik.

3. Memastikan semua komponen mobil dalam kondisi baik dan stabil

Pemeriksaan komponen mobil secara rutin juga sangat penting, jika ada masalah pihak bengkel akan langsung menanganinya.

4. Mencegah kerusakan agar tidak terlalu mahal mengeluarkan biaya saat perbaikan

Melakukan tune up mobil juga dapat mencegah kerusakan parah pada kendaraan Anda. Pasalnya, saat ada sedikit tanda-tanda kerusakan, pihak bengkel akan langsung menanganinya. 

Berbeda jika Anda tidak memeriksa mobil secara rutin, bisa saja kerusakan kecil yang dibiarkan akan bertambah parah, sehingga biaya untuk memperbaikinya jadi lebih mahal.

5. Memastikan fungsi filter udara dan celah katup

Manfaat tune up mobil juga memastikan komponen saringan atau filter udara di dalam mesin mobil tetap terjaga baik.

Seperti diketahui, kurangnya perawatan membuat filter udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Itulah yang menjadi alasan mobil harus dijaga baik, karena filter udara berpengaruh terhadap performa mesin.

Tak hanya filter udara, tune up bermanfaat untuk pengecekan celah kabel busi dan celah katup. Celah busi harus dibersihkan, sehingga menjaga besaran api yang keluar.

Sementara itu, interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat menyebabkan celah busi berubah. Begitu juga dengan celah katup, harus diperiksa ulang sehingga kembali standar yang biasanya ada di mobil konvensional dengan sistem katup.

Tujuan Tune Up Mobil

Tune up mobil dilakukan untuk mengembalikan performa mobil, mencegah kerusakan pada mobil, termasuk penggantian komponen mobil yang masa pakainya sudah lama dan performanya sudah tidak efektif lagi. 

Beberapa komponen mobil yang perlu diperiksa antara lain busi, filter oli dan filter udara, kampas rem dan sebagainya. 

Karena itu, biaya yang perlu dikeluarkan untuk tune up mobil tidak sedikit, yaitu sekitar Rp350.000 hingga Rp3.000.000.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Perawatan mobil bisa Anda lakukan baik di bengkel resmi dan umum. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan untuk tune up mobil di bengkel resmi berbeda dengan biaya di bengkel umum.

Saat Anda melakukan perawatan di bengkel resmi, dilakukan berbagai pengecekan secara menyeluruh, termasuk pembersihan komponen seperti filter dan busi. 

Jika kondisi mobil sudah cukup parah, pihak bengkel akan menyarankan Anda untuk mengganti komponen mobil yang sudah tidak bisa digunakan lagi, sekaligus memberikan estimasi harga tiap komponennya.

Full tune up yang dilakukan oleh bengkel resmi inilah yang membuat biaya yang perlu Anda keluarkan menjadi lebih mahal, selain itu waktu yang diperlukan juga jadi lebih lama, tapi hasil dari tune up mobil ini akan sangat baik.

Salah satu bengkel resmi adalah Auto2000 yang merupakan bengkel resmi kendaraan Toyota. Adapun biaya yang diperlukan saat melakukan tune up di bengkel ini mulai dari Rp336.000. 

Saat membawa kendaraan ke bengkel satu ini, maka Anda akan menjalani perawatan mobil berupa pemeriksaan busi, sensor mesin, serta komponen bahan bakar seperti pipa gas buang dan tutup tangki.

Sementara itu, jika Anda melakukan perawatan mobil di bengkel umum yang biasanya hanya dilakukan tune up ringan. 

Adapun biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp350.000 hingga Rp500.000. Hanya saja, jika ada komponen yang perlu diganti, tentu saja akan menambah biaya tune up.

Biaya tune up mobil di bengkel resmi dan bengkel umum memang berbeda, sebab pengecekan yang dilakukan di bengkel umum tidak sedetail dengan pengecekan yang dilakukan di bengkel resmi. Misalnya, scanning sistem injeksi yang hanya ada di bengkel resmi dengan montir yang sudah bersertifikat.

Bengkel resmi memakai spareparts yang berkualitas dan original atau asli. Itu yang membuat harganya juga menjadi lebih mahal.

Selain melakukan tune up di bengkel resmi dan umum, Anda juga bisa membawa mobil Anda ke dokter mobil yang tersebar di di beberapa kota di Pulau Jawa, Sumatera, dan juga Kupang, Nusa Tenggara Timur. Adapun biayanya berbeda-beda tergantung pada jenis perawatan mobil, bisa perawatan ringan, perawatan sedang, dan perawatan tingkat tinggi.

Itulah beberapa penjelasan terkait biaya tune up mobil yang perlu Anda keluarkan di masing-masing bengkel. **

Post a Comment

Previous Post Next Post