Husnul Khotimah Itu Diupayakan Bukan Hanya Diidamkan


Oleh : Faiz Firda, S.Si
(Pengasuh Rubrik Kajian Bengkel Muslimah)

Bagi seorang muslim adalah bagian dari keimanan, bahwa setiap jiwa ini akan kembali kepada Sang Pemiliknya yaitu Allah SWT. Juga bahwa setelah kehidupan dunia ini ada kehidupan akhirat. Dnaa kehidupan akhirat ini kekal. 

Oleh karenanya kaum muslimin diajarkan agar tidak terlena dengan kehidupan dunia yang sementara ini. Pada saat yang sama dia melalaikan negeri akhirat yang justru kekal. 

Islam memerintahkan kepada kaum muslimin agar menggunakan dunia sebagai tempat untuk mengumpulkan sebanyak banyaknya amal shalih. Demikianlah pandangan seorang muslim seharusnya terhadap kehidupan dunia. Di dunia hanya sekedar seperti musafir yang tidak akan singgah lama. Dunia hanya tempat untuk mampir minum, agar kembali bisa melanjutkan perjalanan. 

Oleh karena itu sangat merugi bila seorang muslim justru terlena dengan kehidupan dunia yang sementara ini. Seluruh waktu dihabiskan untuk menumpuk kesenangan materi dan jasadiyah. Sembari lupa untuk mempersiapkan bekal ke negeri akhirat. Pagi siang malam habis untuk kerja dan bersenda gurau. Tidak terbersit untuk menaikkan level ketaatannya kepada Sang Pembuat Dunia yaitu allah SWT.

Islam menerangkan bahwa seorang itu akan mati dalam keadaan sebagaimana biasanya. Inilah mengapa kita harus terus berada dalam ketaatan dan beramal shalih. Karena kita tidak pernah tau kapan malaikat maut akan datang menjemput. Demikianlah husnul khotimah itu harus diuapayakan bukan hanya sebatas diidamkan.
Waalahua'lam

Post a Comment

Previous Post Next Post