PJ Bupati Sarolangun Buka Konsultasi Publik Penyusunan RTRW Kabupaten Sarolangun


NUSANTARANEWS.NET, SAROLANGUN
- Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Henrizal,S.Pt,MM hadiri dan membuka secara resmi Kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sarolangun tahun 2020-2024, Selasa (12/7/2022), di Aula Kantor Bupati Sarolangun.

Dalam sambutannya PJ Bupati Henrizal mengatakan Penyusunan RTRW baik Pemerintah pusat maupun daerah wajib menyediakan yang mana telah ditetapkan dalam bentuk digital dan sesuai standar yang ditetapkan Pemerintah pusat.

" Revisi RTRW dilakukan setiap lima tahun sekali, dimana RTRW Provinsi mengacu kepada RTRW Nasional, dan turunannya RTRW Kabupaten yang hari ini kita laksanakan konsultasi publik," kata PJ Bupati.

Secara umum revisi RTRW difokuskan pada penyelarasan dengan RPJMD serta mengakomodasi dinamika kebutuhan pembangunan Kabupaten Sarolangun serta kebutuhan ruang dalam kurun waktu hingga 20 tahun kedepan, oleh karena itu penyusunan RTRW ini sangat penting karena merupakan salah satu acuan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan wilayah.

" Penyusunan RTRW juga menjadi dasar perumusan kebijakan pokok pemanfaatan ruang dan berperan sebagai solusi konflik pemanfaatan ruang yang harus mampu mensinergikan berbagai kepentingan dalam ruang yang bersifat terbatas," jelas PJ Bupati.

Sementara Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani,ST dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini didasari atas Undang-Undang Cipta Kerja nomor 11 tahun 2020 dan Peraturan Tentang Penataan Rencana Tata Ruang Wilayah.

Tujuannya untuk mempublikasi draft hasil penyusunan RTRW dengan melibatkan para pemangku kepentingan dan masyarakat secara aktif dalam wilayah Kabupaten Sarolangun.

" Peserta terdiri dari OPD, pihak swasta, ormas, LSM, pemerintah di daerah perbatasan, akademisi dan media massa.;Pelaksanaan kegiatan ini bila ada kekurangan, kami meminta maaf sebesar-besarnya. Kami juga harapkan kegiatan ini nantinya dapat menyerap aspirasi demi penyusunan RTRW Kabupaten Sarolangun," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser, Ketua Komisi I DPRD Sarolangun Drs.H. Fahrul Rozi, beserta anggota M.Fadlan Kholiq, Jefri Sonnefil, Siti Asiyah Harahap. Selain itu hadir juga Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani, ST, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Para Pemangku Kepentingan dan berbagai stakeholder. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post