Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Tutup Kegiatan MATSAMA Tingkat MA


Nusantaranews.net, Sumbar -
Usai di buka pada Rabu (13/07) lalu secara serentak berpusat di MTsN 1 Kota Payakumbuh, Hari ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi didampingi Ketua DWP. Kanwil Kemenaf Sumbar, Ny. Hj. Nazifah Helmi serta Kakan Kemenag Kota Padang, H. Edy Oktafiandi bersama Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi berkesempatan mentutup kegiatan Masa Ta'aruf Siswa (MATSAMA) Tingkatan Madrasah Aliyah (MA) di MAN 2 Kota Padang, Sabtu (16/07).

Ketua Panitia pelaksana penutupan Matsama, Yusmal Yani melaporkan kegiatan Matsama ini berpayung hukum pada SK Dirjen Pendis Nomor 2 Tahun 2022. 

"Kegiatan Matsama ini telah berlangsung dari tanggal 13 Juli telah diisi dengan berbagai kegiatan perbekalan untuk siswa baru materi dari pihak internal maupun profesional daripada bidang bidang yang ingin dipahami oleh siswa contohnya materi yang menyangkut peraturan lalu lintas kita melibatkan pihak dari kepolisian untuk itu dalam rangkaian kegiatan laksanakan tadi kita harapkan dapat di implementasikan oleh anak didik kita di Madrsah ini nantinya," ujar Yusmal Yani. 

"Kegiatan Matsama ini didanai dari Komite dan dana Bos, semoga dengan kegiatan ini anak didik kita bisa mewujudkan visi misi madrasah kita, unggul dan berkahlakul karimah sehingga nanti generasi yang dapat diandalkan, dibanggakan dan dapat menjaga nama baik almamaternya," ujar Yusmal mengakhiri laporannya.

Sementara menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi yang hadir menutup kegiatan tersebut menyampaikan, memilih Madrasah sebagai lembaga pendidikan lanjutan adalah pilihan yang cerdas. 

"Selain karena di Madrasah sesuai dengan ajaran agama, madrasah diakui oleh Negara, dan pelajaran Agamanya lebih banyak dari satuan pendidikan yang sederjat dengannya," ujarnya. 

Kakanwil meapresiasi terlaksananya kegiatan ini ditambah dengan adanya parade Ekskul yang merupakan satu satunya dilaksanakan di Sumatera Barat.

"Ananda adalah orang orang pilihan dari ribuan yang mendaftar ternyata yang diterima 468 orang, karena itu ananda semua mari ikuti pembelajaran disini dengan sabaik baiknya," tambahnya. 

"Saya atas nama pribadi dan lembaga mengucapkan Selamat kepada seluruh madrasah yang sudah melaksanakan PPDB dan sekarang yang lulus sudah dibekali dengan Matsama, dan hari ini Matsama ini akan kita tutup setelah berlangsung sejak tanggal 13 Juli," ujarnya lebih lanjut. 

Kakanwil menjelaskan, Matsama adalah Masa Ta'aruf Siswa, taaruf disini artinya adalah perkenalan, dimana siswa siswi baru diperkenalkan tentang Madrasahnya, baik gurunya, lingkungannya dan teman seperjuangaannya sehingga menimbulkan rasa saling memahami, saling membantu, sehingga semua satuan akademika Madrasah satu hati dalam membangun Madrasah. 

Karena itu kami ajak kepada seluruh peserta didik baik yang baru atau yang lama, pakai rumus ABC saja, Amanah, Berprestasi dan Cerdas, dan kepada seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan mari kita jadikan anak anak kita menjadi anak anak yang ABC tadi, dan memiliki integritas kepribadian, karena saat ini menurut survei salah satu kelebihan atau keunggulan kita di Madradah ini adalah kapribadinnya yang amanah dan berintegritas. 

Terakhir Kakanwil menyampaikan, "kita semua memiliki potensi untuk meraih berbagai prestasi dan ananda semua bisa menjadilebih baik jika bisa merobah kebiasaan kebiasaan buruk. 

Maka dengan ditutup kegiatan Matsama  di MAN 2 Padang oleh Kakanwil Kemenag Sumbar maka secara serentak juga menutup rangkaian kegiatan Matsama seluruh tingkatan Madrasah di Sumatera Barat. [DW]

Post a Comment

Previous Post Next Post