Festival Budaya Pacu Jawi 2022 Undang Antusiasme Masyarakat


Nusantaranews.net, Payakumbuh
- Iven budaya lokal Pacu Jawi (Pacu Sapi-red) yang berlokasi dikelurahan Ikua Koto Dibalai Nagari koto Nan Gadang kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh berlangsung sukses dan meriah. 

Ratusan penonton datang menghadiri Festival Budaya Pacu Jawi pada hari ke 2 tanggal 5 Juli 2022 setelah sehari sebelumnya di buka secara resmi oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, S.Pt

Lomba ini di ikuti oleh puluhan peserta dengan membawa jawi-jawi andalan dari daerah kota Payakumbuh serta Kabupaten Limapuluh Kota. 

Festival Pacu Jawi kerap digelar di Nagari Koto Nan Godang ini merupakan kegiatan budaya Anak Nagari yang memiliki nilai historis yang panjang bagi masyarakat Minang khususnya. 


Pada kegiatan kali ini mendapat dukungan penuh melalui APBD Provinsi via Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt.

Dalam wawancara dengan media H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt. mengatakan bahwa iven ini disamping sebagai hiburan rakyat setelah panen, juga sebagai ikon wisata daerah serta meningkatkan ekonomi masyarakat dengan banyaknya pengunjung yang datang. 

"Dengan datangnya pengunjung yang datang menonton tentu saja banyak masyarakat bisa berjualan makanan, terutama makanan tradisional. Kita harapan iven ini tetap terus berlangsung dan menjadi ciri khas kota Payakumbuh dalam Bidang Pariwisata," ucap Dt. Bijo Dirajo. 

Pada Festival Budaya Pacu Jawi kali ini pemenang jatuh kepada Jawi tuan rumah dengan nama "Sarina" yang mengalahkan puluhan jawi jawi peserta lainnya. (Rstp) 


Post a Comment

Previous Post Next Post