Aspal Dingin, PPTK BMCKTR Bungkam

kondisi jalan sebelum aspal di hampar

Proyek Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dari kementerian PUPR yang diperuntukan bagi jalan wisata di Jln Samudera kawasan Pantai Padang, dengan nama paket Paket 1 Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan Provinsi di KSPN Mandeh (PHJD Tahap III) dengan titik lokasi 
  • Ruas Jalan Teluk Bayur - Nipah - Purus (P.098) - Padang (Kota)
  • Ruas Jalan Pasar Baru - Alahan Panjang (P.073), Ruas Jalan Teluk Kabung - Mandeh - Tarusan (P.083) dan Ruas Jalan Batu Batembak - Pelabuhan Panasahan (P.100) - Pesisir Selatan (Kab.) 
Yang dikerjakan PT. Citra Noer Bersaudara dengan pagu anggaran 18.621.000.000,00 diduga tidak sesuai Speck teknis yang dipersyaratkan.

Dimana pada saat tim tinjau lapangan, pihak rekanan melakukan pengaspalan dalam cuaca gerimis, bahkan setelah 15 menit turun hujan.  Selain itu, suhu aspal sewaktu menghampar juga tidak sesuai, karena saat masih dalam proses penggilingan. aspalnya bisa dipegang.

Selain itu. ketebalan aspal juga diragukan, sebab tidak sama dan bergelombang, sehingga berakibat terhadap ketidak nyamanan bagi pengguna jalan, yang mengakses jalan tersebut, karena bergelombang.
Setelah di hampar, aspal bisa dipegang

Tidak itu saja, saat digenggam, serpihan bekas aspal yang berada di pinggir jalan, rapuh dan mudah diremas. Sehingga  penggunaan material Prime Coat yang dipakai diragukan kualitasnya.

Kuat dugaan hal ini bisa terjadi, karena kurangnya pengawasan dari Dinas PUPR yang seolah-olah menutup mata dan membiarkan pekerjaan dilakukan semaunya saja oleh rekanan.

Kimin salah seorang pengawas lapangan saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa untuk suhu aspal itu telah sesuai dengan ketentuan. Sebab kami bekerja sesuai apa yang tercantum dalam dokumen saja.

Dikatakanya, terkait ketebalan aspal itu lebih kurang 5 cm. Namun ada beberapa lokasi yang perlu penyesuaian kemiringan.

PPTK pekerjaan Dinas BMCKTR yang akrab disapa Al selaku pejabat publik dan penanggungjawab pekerjaan, saat dikonfirmasi via telpon dan pesan Whatsapp, terkesan bungkam.

Hingga berita ini tayang, redaksi masih berupaya mengumpulkan data dan konfirmasi meminta tanggapan Kepala Dinas BMCKTR, Gubernur, Kejari dan Kejati serta pihak pihak terkait lainya. Tim

Post a Comment

Previous Post Next Post