Wako Hendri Septa: Pentingya Peran Ulama Agar Umat Bersedekah


Nusantaranews.net, Padang
- Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan akan pentingnya peran para ulama dalam mengajak umat untuk senantiasa bersedekah.
Kita sama-sama tahu bersedekah adalah perbuatan yang sangat mulia dan sesuai ajaran agama Islam bersedekah justru tidak akan mengurangi sejengkal harta kita malah menambahnya.
Kita tentu berharap, dengan banyaknya umat Islam bersedekah maka akan ada sumber kekuatan yang bisa digunakan untuk peningkatan ekonomi bagi masyarakat kita. Sebenarnya ini bukan hal yang baru, namun kita perlu menggelorakannya lagi khususnya melalui dukungan MUI dan stakeholder terkait lainnya.
Demikian disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutannya saat acara Halal Bihalal sekaligus silaturahmi dengan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang di Palanta kediaman resminya, Senin (30/5/2022).
Hadir di kesempatan itu Ketua MUI Kota Padang Japeri beserta Ketua Dewan Pertimbangan Prof. Dr. Duski Samad dan jajaran pengurus lainnya. Juga hadir Kepala Kantor Kemenag Padang Edi Oktafiandy, Kabag Kesra Setdako Padang Fuji Astomi serta lainnya.
Lebih lanjut dalam acara Halal Bihalal tersebut, Wako Hendri Septa juga menyambut baik MUI Kota Padang yang mengangkat tema yakni "MUI Kota Padang Siap Memotivasi Masyarakat Meningkatkan Ekonomi Pasca Covid-19 dengan Bahasa Agama".
"Hal ini sangat tepat dilakukan, karena membudayakan gerakan bersedekah dapat mendukung pemulihan ekonomi umat apalagi pasca pandemi Covid-19 yang melanda dua tahun terakhir. Jadi, mengatasi masalah kemiskinan, tidak bisa diserahkan kepada pemerintah sepenuhnya. Namun juga perlu partisipasi dan dukungan dari para dermawan melalui gerakan bersedekah," tukas orang nomor satu di Kota Padang tersebut.
Senada dengan itu Ketua MUI Kota Padang Japeri mengaku prihatin melihat kondisi umat pasca Covid-19 melanda. Makanya pihaknya bertekad mendukung memulihkan ekonomi warga salah satunya menggemakan gerakan bersedekah.
"Ada satu hal yang mengena bagi kita yaitu cukup banyaknya warga Kota Padang yang terjerat rentenir. Maka itu MUI Kota Padang insya Allah bertekad siap melepaskan warga kita dari jeratan rentenir itu."
"Caranya yaitu dengan mengajak pengurus masjid/musala untuk menyiapkan celengan infak/sedekah. Sementara hasilnya nanti diperuntukkan bagi warga sekitar masjid/musala yang berusaha seperti berjualan dan sangat membutuhkan dana. Mereka kita pinjamkan dari infak yang terkumpul lalu memintanya untuk dikembalikan lagi. Jadi dananya akan berputar terus dan semoga berjalan sesuai harapan tentunya," harap Japeri.(Dv/Prokompim Pdg)

Post a Comment

Previous Post Next Post