Pos Terpadu Pelabuhan Sukadana dan Pos Pengamanan Pantai Pulau Datok Kabupaten Kayong Utara Dilengkapi Gerai Vaksin


Nusantaranews.net, Kayong Utara
- Pos terpadu Pelabuhan Sukadana lintas Sukadana - Pontianak dalam rangka lebaran Idul Fitri 1443 H dilengkapi dengan gerai vaksin. 

"Ini dilakukan guna memudahkan masyarakat mendapat layanan vaksinasi, " kata Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K. pada Kamis (5/5).
 
"Pos terpadu Pelabuhan Sukadana dan Pos Pengamanan Pantai Pulau Datok Kabupaten Kayong Utara menyediakan fasilitas Vaksnasi bagi masyarakat yang ingin Mudik, pemeriksaan syarat perjalanan mudik yaitu kartu vaksin dan keterangan bebas COVID-19 atau hasil PCR," kata Kapolres.
 
Ia mengemukakan, Polres Kayong Utara menyiapkan dua pos pengamanan, satu pos pelayanan dan satu pos terpadu disiapkan dalam operasi ketupat Kapuas 2022 yang diperkuat dengan 130 personel Polres Kayong Utara beserta jajaran dalam pengamanan arus mudik dan arus balik.
 
Pos Pelayanan Pelabuhan Teluk Batang dan Pos Terpadu Pelabuhan Sukadana menyiapkan sarana informasi data tentang keberangkatan dan kedatangan pengguna jasa pelayaran. 

Dari 130 personel Polri, juga terdapat anggota TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), serta Basarnas Kayong Utara serta dibantu petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat.dengan jumlah Polri Satgas ada 66, di pospam, Yan dan terpadu 46 
 
"Pemudik tidak perlu khawatir, karena pemerintah menyiapkan layanan vaksinasi gratis. Kebijakan ini juga diterapkan dalam rangka percepatan membentuk kekebalan kelompok serta menghindari penularan COVID-19 saat momen lebaran," ujar Arief.
 
Pihaknya juga mengajak masyarakat memanfaatkan layanan kesehatan dan gerai-gerai yang disediakan pemerintah maupun Polri untuk berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi, supaya kekebalan tubuh semakin kuat menghadapi ancaman virus.
 
"Dua tahun terakhir tidak ada kegiatan mudik lebaran karena pandemi, dan tahun ini diprediksi arus mudik mengalami lonjakan cukup signifikan, sehingga pengawasan dipandang perlu supaya aktivitas masyarakat berjalan aman dan lancar," ucap Kapolres.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga akan menambahkan fasilitas area bermain anak dan penyandang disabilitas di Pos Pelayanan Pelabuhan Kecamatan Tekuk Batang serta melakukan pemantauan di objek-objek wisata menggunakan alat bantu Drone di pos prngamanan dan tempat objek wisata karena diprediksi terjadi kerumunan di tempat wisata.
 
"Objek-objek vital tidak luput dari pemantauan kami. Operasi Ketupat Kapuas berlangsung selama 12 hari, mulai 28 April hingga 9 Mei 2022," demikian Kapolres Arief. (Johnriansyah) 

Post a Comment

Previous Post Next Post