Pemkab Sarolangun Dan Pemkab Batang Hari Tandatangani Kesepakatan Bersama Kerjasama Antar Daerah


Nusantaranews.net, Sarolangun
- Pemkab Sarolangun bersama Pemkab Batang Hari lakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Kerjasama Antar Daerah yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Sarolangun, Senin (28/3/2022).


Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Kerjasama Antara Daerah ini dilakukan oleh Bupati Sarolangun Drs.H.Cek Endra dengan Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief.

Hadir juga dalam penandantanganan kesepatakan bersama Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri, Wakil Bupati Batang Hari H.Bachtiar, Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser, Anggota DPRD H.Hurmin, Asisten, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Sarolangun dan kepala OPD Pemkab Batang Hari.

Bupati Batang Hari M.Fadhil Arief dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wabup Sarolangun telah menerima kami, karena sudah beberapa kali kegiatan ini di jadwalkan, namun bergeser terus.

" Niat kami penandatanganan ini memang ingin di zaman pak Cek Endra, sehingga apa yang dilakukan menjadi legal," sebut Bupati Batang Hari.

Diakui Bupati Batang Hari M.Fadhil Arief saat ini memang adanya keterbatasan, namun jika dilakukan dengan kerjasama dan berkolaborasi antara Kedua Kabupaten, baik di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur semuanya akan lebih mudah terwujud.

" Kedepan kita bisa menyuarakan yang sama sehingga lebih mudah terwujud," katanya.

Disampaikan M.Fadhil Arief jika banyak hal baik yang dilakukan di Sarolangun yang bisa diserap dan dilaksanakan di Batang hari,seperti perhatian untuk Suku Anak Dalam (SAD) yang mana di Sarolangun di zaman Bupati H.Cek Endra membangun pesantren untuk SAD dan banyak mengislamkan SAD.

" Hal ini bisa kita adopsi di Batang hari. Karena di Batang hari juga ada SAD yang sampai hari ini SAD tersebut belum punya agama," ucap M.Fadhil Arief.

Sementara Bupati Sarolangun H.Cek Endra dalam kesempatan tersebut mengatakan jika kegiatan ini menindaklanjuti pengajuan dari Pemkab Batang Hari terkait Kerjasama Antara Daerah, yang Alhamdulillah baru hari ini dapat terlaksana.

" Terimakasih atas kerjasama ini. Selain memang amanat UU, dimana Dua Kabupaten tetangga harus berkolaborasi juga memang perlu adanya hubungan baik," sebut H.Cek Endra.

Bupati H.Cek Endra berharap kerjasama ini dapat disesuai dengan OPD masing - masing, kerjasama ini juga bukan hanya diatas kertas, namun betul - betul kerjasama yang nyata dan bermanfaat untuk masyarakat. Karena di Dua daerah kita ini punya kelemahan dan kelebihan, sehinga untuk menutupi itu bisa saling isi.

Seperti kerjasama di bidang Infrastruktur, kita minta dinas PUPR untuk bisa membentuk full desain, seperti melanjutkan jalan Sei Rotan menuju Koto Boyo. Sehingga jalur tersebut nantinya bisa menjadi daerah pertumbuhan baru dengan membuka akses baru di Dua kabupaten ini.

" Segera Dinas PUPR buat full desain sehingga kedua jalur tersebut bisa terhubung," pinta H.Cek Endra.

Untuk di Bidang Pendidikan, Sarolangun perlu banyak belajar dengan Batang hari. Dimana untuk Kampus Unja sudah tidak lagi berjalan, kedepan bagaimana Sarolangun memiliki universitas sendiri yang berdiri dengan yayasan.

" Kampusnya sudah ada tinggal badan atau organisasinya," ujar H.Cek Endra.

sedangkan untuk di bidang Kesehatan, Sarolangun juga harus banyak belajar. Karena selama ini banyak masyarakat Sarolangun yang berobat ke Muaro Bulian, mungkin masyarakat lebih percaya dengan RSUD Batang Hari.

" Kita harus berlajar bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan sehingga bisa menjadi referensi berobat baik untuk masyarakat Sarolangun sendiri maupun masyarakat dari luar Kabupaten," kata H.Cek Endra.

Terkahir H.Cek Endra mengatakan inti dari tujuan kerjasama antar daerah ini untuk meningkatkan ekonomi di segala bidang kedua Kabupaten, sehingga terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat.


Acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Kerjasama Antar Daerah yang ditandatangani Bupati Sarolangun H. Cek Endra dan Bupati Batang Hari M.Fadhil Arief. (SRF) 

Post a Comment

Previous Post Next Post