Babinsa Koramil 05/Harau Turun Lapangan Bantu Warga Bercocok Tanam


Nusantaranews.net, Limapuluh Kota
- Menjadi prajurit TNI, tidak harus selalu berperang tetapi dalam menjaga wilayah teritorial dari serangan musuh adalah hal yang wajib. Dalam menjaga wilayah teritorial tersebut, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya  berbaur dengan masyarakat, merangkul rakyat.

Itulah yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di Komando Rayon Militer (Koramil)  05/Harau, Serma Erwin.

Disela sela tugas harian sebagai Babinsa di Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau, Serma Erwin rutin berkumpul dengan masyarakat setempat. Selain mengedukasi masyarakat terutama tentang Covid-19, Serma Erwin juga tak pernah sungkan ikut bercocok tanam di ladang masyarakat.

Seperti yang dilakukan pada Senin (7/3) pagi, Serma Erwin ikut bercocok tanam di ladang milik Adrian Datuak Kondo.


"Hari ini kami bersama masyarakat  melaksanakan pengolahan lahan yang akan ditanam cabe jenis Popay," ujar Serma Erwin.

Katanya, tersebut mulai digarap pada  18 Januari lalu, saat itu lahan yang cukup luas tersebut dipupuk dengan pupuk kandang.

Usai pemupukan dilakukan, kemudian lahan dibiarkan  lebih kurang hingga 40 hari agar pupuk lebih menyerap dan tanah lebih subur. 

 "Dalam proses pemupukan tanah juga dilakukan penyemaian bibit bersamaan.  Tanah ditutup dengan plastik supaya tanah lebih penyerapan sari makanan pupuk. Usai sebulan ditutup dan semai tumbuh umur 30 hari, baru dilakukan penanaman," ujarnya.

Upaya Serma Erwin dalam membantu petani percocok tanam, disambut baik positif petani di Lubuak Batingkok. Dengan adanya Babinsa yang proaktif tersebut, petani sangat merasa terbantu sekali. (Rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post