Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sukses Bina Pedet di Agam

Salah satu Pedet unggulan binaan Dinas Pertanian Kabuaten Agam.

Agam, Nusantaranews.net, - Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab pekerjaan dewasa ini Dinas Pertanian Kabupaten Agam, catat Kelahiran Pedet (Anak Sapi yang diersiapkan sebagai Bibit-red,) melalui Program Sapi Kerbau Andalan Komoditas Negeri (Sikomandan) sebanyak 4.970 ekor pada 2021.

Bahkan jumlah ini melampaui target dari tahun sebelumnya, yang ditetapkan sebanyak 3.500 ekor.

Saat di Konfirmasi Nusantaranews.net, Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu, di Ruang Kerjanya Selasa (11/1) mengatakan, "Dari jumlah Pedet yang lahir dikalikan dengan harga rata-rata per ekornya Rp7 juta, maka sudah Rp 34 miliar lebih uang bergulir di Peternak.

Bahkan jumlah ini memebihi target kelahiran Pedet, dari tahun sebelumnya, diatas angka 3.500, ekor, dari berbagai jenis, tentunya kondusi ini secara otomatis 
meningkatkan Ekonomi Peternak di Agam, ke depan,” ujarnya,

Lanjutnya, "Sikomandan ini, meruoakan langkah nyata untuk mengakselerasi Pertumbuhan Populasi Sapi atau Kerbau, melalui Inseminasi Buatan (IB) atau lebih dikenal Kawin Suntik.

Lebih lanjut Kepala Dinas bertangan dingin ini menjelaskan dengan mengedepankan Pelayanan IB Gratis, “Realisasi IB di 2021 tercatat 9.791 ekor, melampaui target yang ditetapkan sebanyak 8.100 ekor.” tegasnya.

Disamping kesiapan yang profesional capaian ini tidak terlepas dari peran aktif dan kerja keras Petugas di lapangan, sebagai ujung tombak dalam mendukung Program Sikomandan.

Saya, acungkan jempol dan ungkapan tetima kasih atas kinerja petugas di lapangan, meski kondisi masih pandemi tapi tidak menyurutkan semangat mereka, untuk ambil bagian dalam menyukseskan program ini, "tegas om Arief.

Hal senada juga di ungkapakan salah seorang Petugas Inseminasi Buatan dan Pemeriksa Kebuntingan Dodi Raswandi, Keberhasilan ini bisa didapat selain kita bekerja dengan niat  tulus yang notabene sebagai tanggung jawab kita sebagai Petugas lapangan dengan mengedepankan "Kesuksesan Para Petani Ternak Sapi dan Kerbau" di Kabupaten Agam, juga tidak terlepas dari binaan para atasan kami yang Profesinal, ungkapnya, menjawab Nusantaranews.net Selasa (11/01) via Phon.

Disamping berikan Pelayanan IB Gratis, Petugas juga beri Penyuluhan bagaimana cara mengamati Sapi birahi dan Perawatan ternak yang baik pada Peternak, kemudian Petugas juga akan melakukan Pemeriksaan IB apakah berhasil atau tidak 30 hari setelah Penyuntikan,”Pungkas om Arief Restu, dengan senyum yang khas. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post