Tradisi Muda Mudi Penyambutan Bulan Suci Ramadhan Di kauman Selatan


By : Fitra Harlena

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan yang sangat di istimewakan oleh Allah SWT, didalamnya terdapat malam yang baik dari seribu bulan, bulan penuh dengan rahmah, ampunan, pembebasan dari api neraka dan bulan yang dirindukan.
       
Dalam hal penyambutan bulan suci Ramadhan, ada berbagai bentuk rasa syukur dan nikmat dari setiap manusia, maupun masyarakat tak terkecuali masyarakat dikampung kauman.

Tradisi muda mudi ini dilaksanakan pada malam hari di bulan Sya'ban 10 hari sebelum bulan suci Ramadhan yang dilaksanakan di desa Kauman Selatan, Nagari Tanjung Betung, Kec. Rao Selatan, Kabupaten Pasaman.

Sebelum melaksanakan penyambutan bulan suci Ramadhan ini, muda mudi melaksanakan musyawarah terlebih dahulu yang membahas kapan akan dilaksanakan penyambutan bulan Ramadhan ini serta bagaimana susunan acara kegiatannya, selain itu muda mudi juga memusyawarahkan kapan hari mebersihkan mesjid mulai dari membersihkan sejadah mesjid sampai membersihkan lantai mesjid tujuannya agar masyarakat nyaman dalam melaksanakan sholat, selanjutnya musyawarah itu membahas tentang pembersihan makam tujuannya agar memudahkan masyarakat ziarah dan kebersihan makam itu juga terjaga serta melakukan gotong royong membersihkan mesjid 2 hari sebelum bulan Ramadhan (puasa).

Pada acara penyambutan bulan Ramadhan ini tiap tahunnya selalu mengundang muda mudi dari desa lain seperti Purba Nauli, Kampung Harapan, Tanjung Aro, Tapus dan kampung lainnya. Penyambutan ini biasanya dilaksanakan di Mesjid, sebelum acara ini muda mudi gotong royong terlebih dahulu seperti membersihkan mesjid, menghias mesjid, menyediakan peralatan minum untuk penonton, tamu undangan dan ustazd yang di undang.

Dengan diadakannya acara penyambutan bulan suci Ramdhan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dan silaturahmi antar sesama pemuda pemudi, Pemuda/pemudi dengan masyarakat dan pemuda/pemudi Kauman Selatan dengan pemuda/pemudi desa lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post