Sudah Vaksin Kedua Kali Warga Mentawai Wajib 3M


MENTAWAI, (NUSANTARANEWS. NET)  - Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin (imunisasi) dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit -penyakit tertentu.

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya pemkab mentawai dalam menangani masalah Covid-19. 

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmudin Siregar mengajak warga tetap memakai masker meski sudah ada vaksin Covid-19. Selain itu, warga juga diminta tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

”Kita berharap warga jangan sampai menyepelekan Covid-19. Ingat harus tetap menjaga jarak, pakai masker, serta rajin mencuci tangan. Protokol kesehatan harus tetap ditegakkan atau diterapkan warga,” kata Kusnandi Rusmil seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan wajib dilakukan apabila nanti telah dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

”Jika ada vaksin, di samping tadi, kita mesti memenuhi aturan kesehatan yang ada seperti menjaga jarak, pakai masker, cuci tangan, jangan ngumpul-ngumpul kalau nggak perlu dan hindari kerumunan, serta mandi kalau habis pergi. Kalau ada vaksin, mari vaksin itu karena itu akan mencegah,” 

Lahmudin menyebutkan, vaksin bisa mencegah terjadinya penularan sebuah penyakit. Sehingga, walaupun sudah ada vaksin, protokol kesehatan harus tetap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya". Ingat 3 M. Tutupnya. (L-Raja). 

Post a Comment

Previous Post Next Post