Inilah Hasil Pekerjaan Normalisasi Batanghari Tahun 2020

Inilah hasil pekerjaan normalisasi Batanghari tahun 2020
Foto by indonesiasatu.com

Pekerjaan proyek normalisasi sungai Batang Hari BWSS V  Sumbar pada tahun 2020 lalu, masih menyisakan persoalan yang belum tuntas. 

Dimana PT Era Bangun Persada selaku kontraktor pemenang tender untuk melaksanakan pekerjaan, ternyata belum mampu menyelesaikan pekerjaan 100 persen. Selain itu, dalam hal pasangan, juga terlihat tidak rapi dan berkelok-kelok sesuai dengan harapan.

Kondisi ini mencerminkan, kesalahan dari panitia lelang dalam menunjuk rekanan yang tidak profesional untuk melakukan pekerjaan melalui dana APBN, yang dipungut dengan keringat pajak masyarakat.

Bak kata pepatah, "sudah jatuh tertimpa tangga". Inilah yang dialami pada pekerjaan normalisasi Batang Hari. Hal ini terlihat pada tahun 2021 ini pekerjaan lanjutan normalisasi sungai Batang Hari telah dimulai kembali. 

Semenyara pekerjaan yang lama, di tahun 2020 masih bermasalah dan menyisakan pekerjaan yang terbengkalai.

PPK SNVT PJSA BWSS V Sumbar Syaidul Afkar saat dimintai tanggapan mengakui bahwa memang paket pada pembangunan prasarana pengendalian banjir Batanghari Hilir di Kabupaten Dharmasraya tidak tuntas 100 persen.

Hal ini disebab pada tahun kemarin, ada optimalisasi kontrak, sehingga PHO nya tidak 100 persen". Jelasnya melalui pesan Whatsapp nya, Selasa (25/5).

Sekaitan adanya pekerjaan yang belum selesai, apalagi masih dalam masa pemeliharaan, pihaknya sudah menginstruksikan pada kontraktor untuk membersihkan dan merapikan kembali pekerjaan yang terbengkalai.

Karena sisa masa pemeliharaan tahun ini masih ada sampai dengan bulan Juni. Ucapnya.

Praktisi hukum Yatun SH saat dimintai tanggapannya menyayangkan sikap dari BWSS V. Ia mempertanyakan pekerjaan yang terbengkalai dan masuk dalam masa pemeliharaan itu, mestinya ada sanksi tegas yang diterima pihak rekanan, karena tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kontrak kerja.

Untuk itu, Ia meminta Kepala BWSS Sumbar melakukan cross check lapangan, baik material maupun speck yang telah ditentukan atas hasil pekerjaan bawahannya.

Bagaimana tanggapan kepala BWSS V Sumbar?

Hingga berita ini tayang, tim masih mengumpulkan bahan untuk melakukan monitoring lapangan dan konfirmasi ke pihak terkait.

Post a Comment

Previous Post Next Post