Pemda Agam, Gelar Sosialisasi Pendataan Keluarga Nasional.

Sekda Agam, Martias Wanto, Buka Kegiatan Sosialisai Pendataan Keluarga di Agam


Agam, Nusantaranews,- Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Gelar Sosialisasi Pendataan Keluarga Nasional, tahun 2021 di Aula Kantor Bupati Agam,  Senin (15/3) Kegiatan ini dibuka secara Resmi melalui Protokoler Bupati Agam, Andri Warman, yang di wakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto, berjalan Hikmat.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili Kabid Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Budi Mulia, selaku Narasumber, juga Beberapa Kepala OPD dan Camat, serta Pajabat lainnya, di jajaran Pemda Agam.

Sekretaris Dinas Dalduk KB PP PA Agam, Hendri Rusdian, Pada Nusantaranews, Senin (15/3) mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan Informasi Tentang Kegiatan Pendataan Keluarga, yang akan dilakukan serentak di Indonesia, mulai 1 April sampai 31 Mei 2021 mendatang.

“Oleh sebab itu, sangat diharapkan dukungan dan kerja sama semua pihak untuk menyebarkan Informasi tentang Pendataan Keluarga ini,” harapnya.

Dijelaskan, Hendri, Pendataan Keluarga ini, merupakan Program Nasional dari BKKBN, yang dilaksanaka 5 tahun sekali, Seperti Pendataan terakhir dilaksanakan pada tahun 2015, lalu.
Seharusnya Pendataan ini kembali dilakukan pada tahun 2020, namun terkendala Covid - 19, dengan berbagai macam pertimbangan maka Kegiatan ini baru bisa dilaksanakan pada tahun 2021, ini” terangnya.

Lanjut, Hendri, Pendataan Keluarga ini bertujuan untuk mendapatkan Data Keluarga secara Mikro yang Valid dan berkualitas, sedangkan Indikator Pendataan ini merujuk pada, jumlah Keluarga, serta jumlah Pasangan usia subur, Kepesertaan dalam Keluarga Berencana, dan Stunting.

“Data ini nantinya akan digunakan untuk perencanaan pembangunan keluarga, intervensi program keluarga berencana, untuk pengendalian penduduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto, meminta kepada seluruh OPD dan Kecamatan, untuk dapat memberikan Dukungan secara Maksimal, agar dalam Pelaksanaan Pendataan Keluarga tersebut nantinya dapat berjalan dengan sukses.

“Sehingga nantinya, baik pemerintah pusat maupun daerah, memiliki basis data yang valid, untuk dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dalam mengambil suatu kebijakan,” ujarnya.

Menurutnya, hasil Pendataan Keluarga terutama terkait dengan perkembangan Kependudukan, sangat penting sekali oleh berbagai sektor dan OPD, karena semua objek Pembangunan terkait dengan Data Penduduk, baik secara Kualitas maupun Kuantitas.

“Dengan Data yang baik, akan dapat disusun Rencana Kerja yang baik, sehingga Permasalahan Kependudukan, di Kabupaten Agam dapat diselesaikan sebagai mana yang diinginkan tegas Pejabat bersahaja ini mengakhiri. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post