Rakerda VII LAM Jambi Kabupaten Sarolangun, Datuk Helmi Berharap Dapat Menghasilkan Rumusan Yang Relevan


N3,SAROLANGUN - Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kabupaten Sarolangun gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VII, bertempat di Aula Kantor Disdikbud Sarolangun, Rabu (23/12/2020).

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VII LAM ini dibuka oleh Bupati Sarolangun yang diwakili oleh Asisten III Administrasi Setda, Hazrian. Hadir juga Plt Ketua LAM Jambi Kabupaten Sarolangun Datuk Helmi,SH,MH, Sekdin DPMD Syamsurizal, Para pengurus LAM Kabupaten dan pengurus LAM Kecamatan se Kabupaten Sarolangun.

Dalam sambutannya, Plt Ketua LAM Jambi Kabupaten Sarolangun Datuk Helmi,SH,MH mengatakan, sejak berdirinya LAM Jambi Kabupaten Sarolangun memegang peranan penting dalam pembangunan, baik dalam bidang kemasyarakatan, keagamaan, keamanan dan pemecahan masalah di masyarakat.

" Oleh sebab itu LAM Jambi memliki tempat tersendiri di masyarakat Jambi," sebut Datuk Helmi.

Menurutnya, Rakerda ini merupakan agenda tahun dalam rangka memantap program kerja untuk masa yang akan datang dan momentum ini juga merupakan ajang mengevaluasi program-program dan kegiatan yang dilakukan oleh LAM dalam melakukan tugasnya di Kabupaten Sarolangun. Sehingga hasil dari Rakerda VII ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan yang relevan dalam kondisi masyarakat saat ini.

" Bak kato adat, Bakato sepakat berunding seukur, berjalan menurut alur,tebing ditingkat dengan aturan, negeri dihuni dengan tradisi, rantau diturut dengan adat," ucap Datuk Helmi.

Datuk Helmi juga menyebutkan, jika keberadaan Lembaga Adat dalam suatu masyarakat sangatlah penting, karena lembaga adat dapat dijadikan patner pemerintah dalam menjalan roda pelerintahan. Terutama yang berkaitan dengan pembinaan kemasyarakatan.

" Keberadaan Lembaga adat sangat penting, karena menjadikan adat istiadat menjadi pedoman di masyarakat," ucap Datuk Helmi.


Rakerda VII LAM Jambi Kabupaten Sarolangun ini mengambil tema " Melalui Rakerda VII Lembaga Adat Melayu Jambi Kabupaten Sarolangun Kita Ciptakan Kehidupan Masyarakat Yang Berbudaya,Agamis, Harmonis Dalam Mewujudukan Persatuan Dan Kesatuan".

Sementara Asisten III Administrasi Setda, Hazrian yang menyampaikan sambutan Bupati Sarolangun mengatakan, bahwa pemerintah daerah Kabupaten Sarolangun sangat mendukung perkembangan dan keberlangsungan lembaga adat ditengah masyarakat khusus masyarakat Sarolangun.

Menurutnya, adat sangat berperan dalam tatanan kemasyarakatan, oleh karena itu peran Lembaga Adat sangat penting dalam membina, mengembangkan dan melestarikan adat dengan segala bentuk program dan fungsinya.

" Kami berharap agar kedepannya Lembaga Adat bisa menjadi lembaga yang memberikan keamanan dan kepastian dalam hidup bermasyarakat sesuai dengan adat istiadat yang berlaku," pungkasnya.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post