SURGA DITELAPAK KAKI IBU”


Oleh: Mar’atu sholeha 

anak adalah salah satu titipan  atau amanah dari allah swt, bagi  dua insan yang sudah di ikat dengan ikatan pernikahan, tanpa orang tua kita sebagai seorang anak tidak akan hadir di dunia ini, jadi sebagai anak kita harus menghargai orang tua kita  salah satu yang harus kita dahulukan perintahnya adalah ibu,karena ibu adalah seseorang  yang sudah  melahirkan kita  dengan mempertaruhkan  nyawa  demi  si buah hatinya yang akan hadir ke  dunia,  ibu adalah  sosok yang begitu luar biasa didalam kehidupan kita Tampa ibu kita bukan siapa siapa. 

Hendaknya kita sebagai seorang anak harus patut kepada ibu,jasanya yang begitu luar biasa mengandung,melahirkan,menyusui dan membesarkan kita sebagai anaknya, begitulah jasa seorang ibu yang tidak tergantikan dengan harta. tetapi kebanyakan yang terjadi saat ini malah sebaliknya, anak tidak  menghormati orang tua. 

Seperti yang  terjadi kasus baru baru ini viral terjadi dimana seorang anak laki laki yang kesal kepada ibunya karena tidak diberi uang sepuluh ribu rupiah, tega memukul bahkan menendang kepala Ibunya  yang melahirkan dan membesarkannya terlebih sang ibu yang sedang sakit, Nauzubillahi minzalik.

Mirisnnya  negeri  ini melahirkan banyak generasi tapi generasi yang tidak berbobot  pergaulan anak anak remaja saat  ini yang begitu menghawatirkan, dan belum lagi di dukung oleh sistem saat ini yang tidak menjamin moral yang baik bagi  generasai, sehingga banyak  sekali  generasi pemudah saat ini kebanyakan pemuda yang hanya berfokus pada kesenangan dunia saja, ini di sebabkan  karena kurangnya kepedilian  dari  keluarga, masyrakat dan negara.

Jadi selagi sistem yang di terapkan saat ini buakan dari islam akan terus menjadi cikal bakal tumbuhnya kerusakan yang akan terus melanda negeri ini, terutama generasi mudah akan menjadi rusak akibat damapak percikan dari sistem demokrasi yang melahirkan kebebasan berperilaku yang di mana kita saksikan saat ini generasi bangsa kita sudah krisis moral. tidak ada jalan lain kecuali sistem ini di gantikan oleh, sistem dari Allah Swt.

Islam telah hadir memang untuk memberi rahmat bagi seluruh alam, membawa manusia dari kehidupan yang tidak beradab menuju kehidupan yang yang beradab, sebagai seorang muslim penghormatan kita terhadap orang tua bukan semata karena tradisi atau belas kasihan ,bukan juga sebagai bentuk solidaritas  atau hari lanjut usia sedunia tapi menghormati orang tua ini adalah salah satu  perintah Allah swt.

Dari Abu Umama yang meriwayatkan bahwa seorang laki laki mendatang Nabi Saw dan bertanya “ya rasulullah apakah hak kedua orangtua atas anak anaknya? maka Rasulullah Saw menjawab:”mereka adalah (jalanmu menuju surga dan neraka)”. 

ketika kita masih punya orang tua ayah sama ibu, sayangilah  keduanya, di sini  islam juga perintahkan kita untuk merendahkan suara untuk keduannya, jika punya berbeda pebdapat dengan keduannya jaganlah kita mengunakan ego kita untuk membentak mereka dengan kata kata yang kasar, sebagaimana  firman Allah Swt.

 Dan hendaklah kalian berbuat baik pada kedua orangtuamu. Jika salah seorang atau keduannya sampai berumur  lanjut dalam pemeliharaan, maka jangan sekali kalli kamu berkata pada meraka “ah” dan jangan membentak mereka dan berkatalah dengan ucapan yang baik, dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka dengan penuh kasih  sayang, dan berkatalah:”ya Allah. Sayangilah mereka keduannya sebagaimana mereka telah mendidik aku sejak kecil.

Dikisahkan sebagaimana sahabat Rasulullah mereka sangat menghormati kedua orang tua mereka, di kisahkan ada seorang sahabat  datang kepada Rasulullah dan berkata: saya berbaiat kepada Tuhan untuk hijrah dan berjihad mencari pahala dari sisi Allah taala’ lalu Nabi Saw bertanya: apakah engkau mempunyai orangtua yang masih hidup? Jawabnya: masih, bahkan keduannya” lalau Nabi Saw. Bertanya: apakah kamu mau pahala dari sisi Allah? Jawabnya:  ya” lalu beliau bersabda: pulanglah kepada ibu bapakmu dan santunilah keduannya dengan baik.(H.R Bukhari dan Muslim).  

So muliakanlah orang tuamu, berbuatlah baik kepada keduannya, jadilah anak yang soleh dan soliha bukan cuman  prestasi dunia saja yang kita berikan untuk orang tua kita, namun  dengan amalan soleh lainnya sebagaimana sabda Rasulullah Saw: tiga amal yang tidak akan terputus di dunia yaitu,doa anak yang soleh, ilmu yang bermanfaat, amal Jariya, Masya Allah begitu muliannya pengorbanaan orang tua kita tidak akan terbalaskan dengan materi apapun.
Walahu walam bisawab...

Post a Comment

Previous Post Next Post