Plt Bupati Buka Pelatihan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Gunung Kembang Tahun 2020


N3,SAROLANGUN - Guna meningkatan peran lembaga masyarakat, Kelurahan Gunung Kembang, Kecamatan Sarolangun menggelar Pelatihan Lembaga Kemasyarakatan Tahun 2020.

Acara yang mengambil tema " Bersama Masyarakat Membuat Kesepahaman dan Kesepakatan Dalam Membuat Aturan Hukum-Hukum Dalam Tatanan Sosial Kemasyarakatan ". Dibuka langsung oleh Plt.Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri, di Saoenk Bang Raja, Selasa (06/10/2020).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri mengatakan, dengan pelatihan lembaga kemasyarakat ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus bisa meningkatkan partisipasi dan kemampuan masyarakat selaku SDM di Kelurahan.

" Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan pembangunan, sosial dan pemberdayaan didalam Kelurahan," kata Plt Bupati.


Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut serta berpartisipasi dalam membantu Lurah melihat dan mengawasi pembangunan di dalam Kelurahannya.

" Kami harapkan kegiatan ini dapat memberi pengetahuan dan pemahaman serta perbaikan dimasyarakat dalam proses pembangunan di Kelurahan," harap Plt Bupati.

Sementara Lurah Gunung Kembang Dedi Kurniawan,SE dalam kesempatan itu menyebutkan jika pelatihan ini merupakan lanjutan  dari pelatihan tahun 2019 kemarin. Yang mana dalam pelaksanaannya menggunakan anggaran dan alokasi umum dana pusat.

" Kegiatan ini lanjutan dari pelatihan lembaga kemasyarakatan sebelumnya. Hari ini perkumpulannya. Untuk Peserta sebanyak 60 orang, terdiri dari Ketua Lingkungan, Ketua RT, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Karang Taruna, dan LPM Kelurahan Gunung Kembang," jelas Lurah.


Masih dikatakan Dedi Kurniawan, dengan kegiatan ini nantinya ditingkat Kelurahan bisa menerbitkan hukum di Kelurahan melalui SK Lurah atau Ketua Adat terkait permasalah yang ada, dikarenakan di Kelurahan tidak mempunyai Perdes.

" Dengan ada kesepahaman maka nantinya di tingkat Kelurahan bisa mengeluarkan, seperti SKB jika ada permasalahan yang ada di tingkat Kelurahan," katanya.

Terakhir Dedi Kurniawan, selaku Lurah Gunung Kembang menyebutkan jika semua ini merupakan Nawacita guna membangun pola pikir masyarakat sehingga bisa menjadi satu kesatuan di lingkup khususnya Kelurahan Gunung Kembang, Kecamatan Sarolangun.

" Saya berharap kami pihak Kelurahan bisa Bersatu, Menyatu dan Satu. Sehingga bisa membuat masyarakat yang Madani khususnya Kelurahan Gunung Kembang," pungkasnya.


Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Camat Sarolangun Huzairin, Sekcam Ario L Fajrin, Seklur Gunung Kembang Hafiz dan Babinsa serta peserta pelatihan.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post