GENCARNYA SERANGAN CANDU DUNIA


Oleh : Ummu Fillah


Semarak gadget dan Online atau dunia maya ternyata sedikit banyak mempengaruhi gaya hidup srmua orang. Dari lapisan masyarakat atas sampai bawah, dari segala umur, tua ataupun muda dan dari laki - laki maupun perempuan. Saat semua hal bisa diakses lewat di rumah saja.

Berbagai konten berserakan di dunia maya lewat media sosial, dari mulai WA, tweeter, telegram, Instagram dan lain sebagainya. Dari yang bernilai positif seperti pendidikan, kesehatan, jejaring sosial hingga gaya hidup, game atau permainan dan bahkan konten pornopun bisa mudah diakses.

Menyikapi keadaan demikian bila kita tidak pandai - pandai membatasi waktu dan keinginan, maka sudah dapat dipastikan kita tidak akan bisa keluar dari situasi yang semakin memperburuk kondisi sosial dan kemasyarakatan ( kemiskinan, kebodohan, kriminalitas yang tinggi dan sebagainya ). 
Dan kecanduan gadget ini bisa menimpa siapa saja, tidak hanya pada anak - anak, tetapi orang dewasapun kini banyak yang kecanduan. Habis waktu terpakai dalam bergadget.

Dalam hal ini, Islam sejak saat diturunkan ke muka Bumi telah mengatur manusia agar dapat mempergunakan waktu hidupnya dengan sebaik - baiknya yaitu disiplin dalam waktu, dalam menjaga pandangan dan perbuatan. Karena hal - hal tersebut merupakan bentuk ketaatan kepada Sang Pencipta.
Ketaqwaan harus senantiasa ada dalam diri seorang Muslim, dan hal ini juga didukung dengan pengontrolan ketaqwaan dalam Masyarakat. Serta satu hal yang paling penting adalah peran serta Pemerintah dalam menjaga Warga Negaranya dengan membuat Peraturan atau Undang - Undang yang sesuai dengai norma Agama.

Post a Comment

Previous Post Next Post