Wabup Bersama Dinas TPHP Lakukan Penanaman Padi Ladang Di Desa Rantau Tenang


N3,SAROLANGUN - Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri bersama Kepala Perbenihan Tanaman Pangan Provinsi Jambi Rustam hadiri dan lakukan tanam perdana padi ladang (Padi Gogo) di Desa Rantau Tenang,Kecamatan Pelawan, Rabu (23/9/2020).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Ramawi, Asisten II Dedi Hendri, Kepala Dinas TPHP Sakwan, Kadis Disnakkan H.Masturo, Kadis PMD Mulyadi, Kadis Damkar Hendriman, Kadis Kopperindag Kasyadi, Kasat Satpol Riduan, Kadis Katahanan Pangan Dulmuin, Camat Pelawan Deny Subhan, Kades Rantau Tenang Arfan, Pabung Kodim 0420/Sarko dan Kapolsek Pelawan serta tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Rantau Tenang.

Camat Pelawan Deny Subhan dalam laporannya jika kegiatan penanaman padi ladang atau padi Gogo ini diambil dari dana P2D Kabupaten Sarolangun guna untuk program penguatan pangan nasional terkhusus di Kabupaten Sarolangun.

" Untuk luas area yang akan ditanami kurang lebih 10 Hektar," jelasnya.

Sedangkan Kepala TPHP  Provinsi Jambi, Rustam dalam sambutannya menjelaskan jika Kementerian pertanian mempunyai 3 program atau Kostra Tani untuk peningkatan pertanian.

Sementara Wakil Bupati H.Hillalatil Badri dalam sambutannya mengatakan jika penanaman perdana padi ladang ini dalam rangka mendukung program P2D Kabupaten Sarolangun sekaligus sebagai langkah Pemkab Sarolangun untuk memperkuat ketahanan pangan. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, penyediaan stok pangan menjadi prioritas pemerintah.

" Kita tahu pandemi covid 19 juga berdampak di sektor pertanian yang ikut terganggu, yaitu ketersediaan pangan yang mulai menurun. Oleh sebab itu salah satu cara kita untuk menjaga ketersediaan pangan itu dengan meningkatkan sektor pertanian," kata Wabup.

Ditambahkan Wabup, jika kita belum tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Jika terus berkepanjangan dikhawatirkan akan menimbulkan krisis pangan secara global, maka dari itu kita harus persiapkan dari sekarang.

" Saya harap masyarakat bisa fokus, sehingga hasil yang didapat juga maksimal. Karena kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir, oleh sebab itulah kita harus siapkan dari sekarang," pungkasnya.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post