Satu Lagi Pasien Covid-19 di Mentawai Dinyatakan Sembuh



MENTAWAI,  (NUSANTARANEWS. NET) - Seorang pasien yang terkonfirmasi Covid-19 asal Sijunjung dinyatakan sembuh. Pasien tersebut adalah warga Kabupaten Sijunjung. selama 14 Hari di isolasi di RSUD Mentawai dan hari ini dinyatakan sembuh oleh Dokter RSUD Kepulauan Mentawai setelah mendapatkan hasil negatif swab test dari Labor kesehatan Unand pada tanggal 10 September 2020. 

"Benar, ada satu orang pasien positif Covid-19 warga Sijunjung yang berkunjung di Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara,  Kabupaten Kepulauan Mentawai dinyatakan sembuh. 

Lahmuddin Siregar menyampaikan, Pasien yg dinyatakan positif tangggal 29 Agustus 2020 menggunakan Kapal Perintis dari Padang ke Mentawai (Tuapejat-Sioban-Sikakap). Jumat (10/9/2020).

Maka akan dilakukan tracing khususnya penumpang dan ABK kapal perintis sebanyak 228 org yakni Tuapejat 86 org, Sioban 20 orang, dan Sikakap 100 org serta 22 org ABK. 


Harapan kita masyarakat harus Social distancing merupakan kunci penting yang dapat memutus mata rantai penularan virus corona. Tindakan ini dapat menurunkan penyebaran penyakit sehingga tidak melebihi kapasitas fasilitas kesehatan yang ada saat ini. 

Ia menambahkan Saat inilah harus diterapkan Social distancing yang dapat dilakukan adalah isolasi diri, yaitu dengan berada di rumah (belajar, beribadah, dan bekerja dari rumah), menghindari keramaian, menjaga jarak dan tidak melakukan perjalanan diluar daerah. 

Selain itu, praktik pola hidup bersih dan sehat (PHBS) perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus, seperti praktik cuci tangan yang benar, etika batuk, dan penggunaan masker saat sedang sakit infeksi saluran pernapasan.

Promosi dan edukasi kesehatan juga perlu gencar dilakukan di berbagai media sosial sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi dengan benar. Pesannya. 

Tidak perlu takut, sebab kalau kita mengedepankan protokol kesehatan, memakai masker, menerapkan social distancing, maka insya allah kita aman.

Justru nanti kalau kita bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik dimanapun kita berada, maka kita akan terhindar dari paparan Covid-19. Tegasnya. (Lumbanraja).

Post a Comment

Previous Post Next Post