Kakanwil Kemenag Sumbar Resmikan Penggunaan Mushala Ikhlas


Tanahdatar - Kakanwil meresmikan penggunan Mushala Ikhlas Kankemenag Tanah Datar yang ditandai dengan pengguntingan pita, Rabu (09/09).

Usai meresmikan Mushala tersebut, Kakanwil langsung memberikan pembinaan kepada peserta Bimbingan  Pra Nikah Remaja Usia Sekolah Angkatan II Kantor Kemenag Tanah Datar.  Kegiatan ini mengusung tema “Degan Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah, Menjadikan Siswa Lebih Memahami Arti Penting Hidup Berkeluarga”.

Dihadapan 50 peserta Kakanwil menyampaikan salah satu tujuan dari bekeluarga adalah menuju keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah yang disebut baiti jannati.

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana mencapai keluarga Samawa, Kakanwil memancing antusias peserta dengan melempar pertanyaan tersebut dan akan memberi reward kepada peserta yang mampu menjelaskan tentang keluarga samawa.

Dan Kakanwil merasa bangga dan salut kepada beberapa peserta yang merupakan siswa madrasah tesebut karena telah mampu memberikan penjelasn penjelasan yang luar biasa. Atas kebanggan tersebut Kakanwil memberikan reward berupa uang tunai kepada mereka.

Selanjutnya, Kakanwil menjelaskan ada lima tujuan pernikahan; pertama, mendirikan rumah tangga yang tentram penuh dengan limpahan kasih sayang (Samara), kedua, memperoleh keturunan yang sah, ketiga, menjaga kehormatan dan harkat manusia, keempat, menciptakan ketenangan jiwa dan ketentraman hati, kelima, untuk dapat menyalurkan hasrat biologis secara islam.

“Setiap kita menginginkan Rumah tangga samara,” ujar Kakanwil.

Untuk mewujudkan samawa itu maka kita harus memahami apa makna sakinah, mawadah dan warahmah tersebut. Sakinah artinya ketentraman, nyaman, dan senang. Mawaddah artinya ingin bersama selalu ataw ingin selalu bersama atau disebut juga cinta. Sedangkan warahmah artinya kasih sayang.

Maka perlu upaya2 dalam mewujudkan Samawa tersebut, perlu beberapa “5S” dalam mewujudkannya, yaitu pertama, saling pengertian; kedua, saling menghargai; ketiga, saling menerima; keempat, saling  berkasih sayang dimana dalam mewujudkan kasih sayang tersebut adalah saling membantu; dan kelima saling menghormati.

“Dan untuk mewujudkan itu semua masalah berkah ini (Belajar Rahasia Nikah) ini kunci nya adalah agama ,” tegas H. Hendri diakhir. [DW]
Previous Post Next Post