Program Bansos Diperpanjang hingga Desember, Nominal Berkurang


MENTAWAI,  (NUSANTARANEWS. NET) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DAP3A) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Nicolaus Sorot Ogok mengatakan pemerintah bakal memperpanjang program bantuan sosial (bansos) untuk menanggulangi dampak pandemi virus Corona (Covid-19) hingga akhir tahun.

Dengan melakukan angkah-langka terakhir pemerintah bahwa seluruh bansos yang tadinya diberikan 3-6 bulan akan diperpanjang hingga Desember 2020," katanya saat konferensi pers Covid-19 Media Center Sekertariat daerah Mentawai. Kamis, (13/8/2020).

Pemerintah melalui Kementerian Sosial dalam meringankan beban kehidupan masyarakat yang terdampak Covid-19 diberikan bantuan berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai) selama tiga bulan.

Besaran BLT tersebut yang diberikan pada masyarakat selama tiga bulan tersebut sebesar Rp 600.000. Bantuan itu berakhir pada bulan Juni saat ini.

Namun, pemerintah pusat akan memperpanjang BLT pada masyarakat dengan catatan besaran bantuan yang berbeda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DAP3A) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Nicolaus Sorot Ogok kepada wartawan Kamis, (13/8/2020).

"Yang Rp 600.000 cuma sampai Juni ini. Awalnya BLT hanya untuk tiga bulan. Tapi kemudian diperpanjang dengan besaran yang beda," ujar Nicolaus Sorot Ogok. 

Nicolaus Sorot Ogok menyebut besaran BLT yang akan disalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp 300.000 per bulannya. Katanya. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DAP3A) Kabupaten Kepulauan Mentawai Nicholaus, Menyebukan bahwa penyaluran untuk bulan Juli sampai Agustus di berikan dengan rentang waktu sampai bulan Agustus 2020 melalui PT. Pos Indonesia.

Bantuan stimulus dari pemerintah itu akan disalurkan ke program lain. Tak hanya fokus untuk perlindungan sosial masyarakat. Penyaluran tahap berikutnya di bulan September dan Oktober di salurkan pada bulan Oktober dan November sampai Desember disalurkan dipertengahan September bisa juga di awal Desember 2020. Tungkasnya. 

“Dengan Angka penerima bantuan sosisal di gelombang kedua pada 10 Kecamatan dan 43 Desa Kabupaten Mentawai yang bersumber dari Kemensos Berdasarkan data yang ada, total saat ini sebanyak 6.367 penerima bansos. Pungkasnya (Lumbanraja)
Previous Post Next Post