Petani Limapuluh Kota Gelar Upacara Bendera Di Kebon Cabe


N3 Limapuluh Kota
– koordinator GEMPITA wilayah Sumatera Barat, Nurkholis didaulat menjadi inspektur peringatan HUT RI yang ke 75 oleh kelompok tani di Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban,Senin 17 Agustus 2020. Tidak tanggung – tanggung, puluhan petani yang tergabung dalam kelompok tersebut serta pemuda Pancasila. Hal unik juga terlihat saat upacara berlansung. Para petani di ujung timur Kabupaten Limapuluh Kota tersebut memilih pengibaran bendera Merah Putih di kebun cabe milik kelompok tani Family Jaya.

Nurkholis menjelaskan, Upacara dilakukan di kebun cabe dan para peserta sengaja dipilih para petani biar semangat kemerdekaan petani makin bertambah. Selain itu, dengan adanya semangat kemerdekaan yang ada dalam diri para petani, Nurkholis mengharapkan Pemerintah provinsi Sumatera Barat maupun Kabupaten dan Kota untuk segera membuat turunan UU NO 19 Tabun 2013 tentang hak – hak petani dan perlindungan .

“Khusus pemerintah pusat kita sangat berharap bisa membuat kebijakan mengurangi impor dan lebih mengutamakan dan memaksimalkan produksi petani dalam negeri,” Jelasnya.

Selain kebijakan tersebut, Pria yang biasa disapa Konti ini juga mengharapkan bantuan eperti alsintan dan saprodi pertanian serta perlindungan hukum terhadap petani dan pupuk yang mudah di dapatkan petani.

Upacara tersebut, Kepala Jorong Padang Mangunai, Nagari Ampalu Wendri juga di tunjuk sebagai komandan upacara.

“Upacara di kebun ini merupakan upacara yang kedua kita lakukan. Sebelumnya kita melakukan peringatan HUT RI ke 74 pada tahun 2019 lalu di Kebun Bawang di Nagari Air Dingin Kecamatan Pantai Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, ” Akhir Nurkholis. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post