Pejuang Tempo Dulu" Bagikan Masker Upaya Sosialisaikan Protokol Kesehatan


Pati - Puluhan orang berpakaian ala pejuang tempo dulu dengan setelan serba coklat, ada pula ibu-ibu dengan pakaian adat jawa serta tenaga kesehatan menghentikan pengguna jalan disekitar alun-alun kota Pati dan didepan Gor Pesantenan Kabupaten Pati. Jumat,14/08/2020.

Ternyata puluhan orang yang mengenakan pakaian pejuang  dengan mengendarai mobil jeep tua tersebut adalah Prajurit serta PNS TNI AD Kodim 0718/Pati dan tenaga medis dari Rumah Sakit Marga Husada/ DKT Pati yang sedang membagikan masker gratis kepada pengguna jalan yang melintas didua tempat tersebut dengan dibantu oleh petugas Provost Kodim Pati, Polisi Militer dan personel Polsek Pati untuk mengatur lalu lintas.

Bukan hanya membagikan masker saja namun mereka juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 melalui pengeras suara yang ditempatkan di mobil jeep sehingga terdengar dari segala penjuru.

Himbauan yang disampaikan kepada masyarakat diantaranya adalah mengingatkan tentang tiga M yakni : 1. Memakai masker, 2.Menjaga jarak dan 3. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

“Kegiatan ini sengaja kita setting dengan background para pejuang tempo dulu dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yakni salah satunya dengan menggugah semangat generasi muda serta mengingatkan kembali jasa-jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan,”Ujar Dandim.

Ia juga menambahkan, dengan momentum hari kemerdekaan yang sebentar lagi diperingati bersama dan sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat kabupaten Pati untuk menerapkan protokol kesehatan dengan pendekatan secara persuasif melalui himbauan dan membagikan masker kepada masyarakat.

“Disamping itu juga kegiatan ini untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, mengingat ada juga beberapa orang pagi tadi yang kedapatan masih tidak menggunakan masker.  Ini sebagai indikator bahwa masih ada saja masyarakat kita yang masih menganggap enteng dan tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan” Terang Dandim Pati Letkol Adi Ilham Zamani.

Sebanyak 1000 masker telah dibagikan hari ini di dua tempat tersebut, dan menurut penuturan Dandim Pati besok hari sabtu (15/08) juga akan mengadakan lagi kegiatan sosial peduli kepada tenaga kesehatan. “Hari ini kita bagikan sebanyak 1000 masker kepada masyarakat dan besok sabtu juga kita mengadakan acara sosial untuk memberikan support kepada teman-teman tenaga medis disejumlah rumah sakit di Kabupaten Pati dalam perjuangannya sebagai garda terdepan melawan Covid-19”Tuturnya.
(Snpt/Pendim)
Previous Post Next Post