PANDEMI MENDORONG PENGGUNA NARKOBA MENINGKAT

Oleh : Nur'aliyah 

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi  (BNNP) Jabar, Brigjen Pol Sufyan Syarif, mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 permintaan narkoba di wilayah Jabar mengalami peningkatan yang signifikan.

"Jadi dari hasil evaluasi kita ada peningkatan permintaan dari pengguna yang cukup  signifikan. Peningkatannya hingga 200 persen," kata Sufyan di Kantor BNNP Jabar di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada Senin 17 Agustus 2020.

Menurut Sufyan situasi pandemi ini justru‎ menjadi sebab yang mendorong sebagian masyarakat menggunakan narkoba.

Langkah yang menyesatkan ini, kata Sufyan dikarenakan situasi pandemi ini memaksa aktivitas masyarakat di luar rumah terbatas .

Mereka,  mengalami kejenuhan karena tidak bisa bekerja secara leluasa di luar rumah, mengalami stres karena harus berlama lama di rumah, serta faktor lainnya

Sekularisme mencetak manusia yang tidak faham orientasi hidup, mereka beraktivitas atau bekerja sebatas untuk memenuhi pemenuhan kebutuhan jasmani dan nalurinya,maka saat ritme bekerja terkendala pandemi atau wabah seperti ini yang ada mereka stres dan menjadikan narkoba sebagai pelarian. 

Untuk itu kita butuh sistem islam yang akan membuat manusia faham untuk jati dirinya sebagai hamba allah swt yang bertaqwa, dan orang seperti ini tidak akan kehilangan jati diri nya saat musibah terjadi. 
Dan semua ini hnya akan terwujud jika sistem islam di terapkan dalam seluruh aspek kehidupan, yang akan membuat manusia kembali kepada fitrah nya sebagai seorang hamba, tentu dalam wadah khilafah Islamiyah 'alaa minhajjin nubuwwah. 

Wallahu'alam.
Previous Post Next Post