Maraknya Pelecehan Terhadap Agama Bukti Negara Telah Gagal

Oleh: Rahmatia D. Hanafi

Pada tahun 2020 ini banyak permasalahan melanda negeri ini yang menjadikan negara lengah dalam mengatasi setiap permasalahan yang melanda negeri ini, apalagi dengan datangnya musibah yang menimpa indonesia dengan masuknya Virus Corona menjadikan negara mengalami defisit yang sangat besar. Akan tetapi permasalahan yang menimpa indonesia tidak hanya terkait dengan wabah Corona ini saja tetapi tampaknya negara saat ini juga telah mengalami krisis moral hal ini dilihat dari beberapa pekan ini muncul banyak sekali permasalahan terkait dengan penistaan terhadap agama dan juga ajaran yang terkandung didalamnya, hal ini dapat dilihat dari beberapa pekan lalu terdapat anak muda bangsa ini yang melakukan pelecehan terhadap agama dengan mengganti syair lagu Aisyah yang sempat naik ratingya beberapa pekan lalu pada bait Rasulullah dengan kata babi, hewan yang sangat tidak sopan ketika kita mendengarnya dan tentu ini sangat menghinakan nabi daripada kaum muslim yang mereka yakini memiliki akhlak yang sangat mulia dan manusia terhormat di dalam agama islam, tidak cukup sampai disitu saja beberapa pemuda juga melakukan adegan sholat tanpa busana baik daripada perempuannya dan juga dari kaum laki-lakinya yang tentu ini sangat menyalahi ajaran agama islam dan tidak sesuai dengan syariatnya. ada apa dengan bangsa ini ? Bukankah bangsa kita indonesia memiliki semboyan bhineka tunggal ika dan juga dikenal dengan bangsa yang mayoritas muslim serta memiliki tatakrama dan sopan santun yang di junjung tinggi yang sering di katakan oleh pemerintah negeri ini.

Namun lepas daripada itu yang terjadi justru sebaliknya bahwa negeri ini telah mengalami krisis moral yang harusnya juga menjadi perhatian pemerintah dan juga penegak hukum agar memberikan sanksi bagi para pelaku yang memberikan efek jera sehingga hal seperti ini tidak lagi terjadi di negara kita yang kita cintai ini, sebab kasus pelecehan terhadap agama maupun penistaan terhadapnya bukan hanya terjadi pada tahun ini tetapi juga telah terjadi di tahun-tahun sebelumnya, mungkin kita masih ingat kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok dan sempat di proses namun pada akhirnya dibebaskan setelah menerima sanksi tahanan beberpa bulan dan kemudian menjalani kehidupannya dan terlihat baik-baik saja. mungkin hal ini tidak memberikan efek jera sehingga tidak mampu memberikan gambaran kepada masyarakat untuk berhenti melakukan pelecehan dan penistaan terhadap agama, sehingga pemrintah perlu melakukan koreksi untuk mengatasi permasalahan ini dan juga mencegah terjadinya krisis moral pada negeri ini. sungguh sangat disayangkan jika ditengah pandemi ini generasi penerus bangsa seharusnya lebih cerdas dan juga memuhasabah diri untuk bersama dalam melawan Pandemi Corona dan bukan malah sebaliknya memberi masalah bagi negara sehingga negara memiliki pekerjaan tambahan yaitu menyelesaikan permasalahan yang mereka lakukan. 

Dari pemaparan diatas membuktikan bahwa negara dengan sistem yang dianutnya saat ini yaitu sistem kapitalisme terbukti telah gagal dalam menuntaskan berbagai permasalahan yang terjadi pada bangsa ini. pada masa pandemi ini para penguasa negeri ini tetap membiarkan tenaga kerja asing dari China tetap masuk ke indonesia sekalipun telah mendapat protes dari warga negaranya sendiri, bahkan pada masa pandemi pemerintah telah kehabisan dana untuk menyumbangkan alat-alat kelengkapan kesehatan bagi para tenaga medis, selain itu pada masa penerapan  lock down ini negara telah  kehilangan satu keluarga dari warga negaranya yang memilih bunuh diri karena tidak ada pasokan makanan untuk bertahan hidup. Penyumbangan alat-alat medis dan juga bantuan kepada masyarakat justru dilakukan oleh para ulama dan Fuqaha yang tergabung dalan Barisan bangun negeri. Alih-alih untuk mengatasi krisis moral terutama maraknya pelecehan terhadap agama dan ajarannya yang terjadi di negeri ini mengatasi wabah saja negara ini telah kehabisan dana bahkan negara telah mengalami defisit padahal negara juga telah berhutang ke negara lain. 

Sebenarnya masih banyak permasalahan negeri ini yang jika kita lihat lebih jauh hal ini telah membuktikan negara  dalam menerapkan sistem kapitalisme  telah gagal dalam menyelesaikan setiap problematika yang terjadi baik dari sistem ekonomi, sosial maupun perlindungan terhadap agama padahal telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar tahun 1945  Bab 16 tentang Agama  yang termuat dalam pasal 29 ayat 1 bahwa negara berdasar atas ketuhanan yang maha esa. Namun hal ini pada aplikasinya adalah pemisahan agama dari kehidupan sehingga segala perkara yang terkait dengan urusan negara baik ekonomi maupun politik di pisahkan dari agama, bagaimana generasi penerus bangsa ini tidak mengalami krisis moral dalam bergama dan maraknya terjadi pelecehan terhadap ajaran agama, jika negara sendiri memisahkan agama dari mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka sangatlah wajar bila negara itu mengalami kegagalan dalam menjaga agar tidak terjadinya krisis moral pada negeri ini terutama pelecehan terhadap agama. selama sistem rusak ini (kapitalisme) dipakai, maka tidak mungkin pelecehan terhadap agama bisa dihindari kecuali menerapkan sistem islam. Wallahu alam bissyawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post