H.Cek Endra : Fase Kedua Program Padat Karya Fokus Peningkatan Produksi Pangan

N3,Sarolangun - Bupati Sarolangun H.Cek Endra kembali meninjau Program Penguatan Ekonomi Masyarakat sebagai dampak penyebaran pandemi Covid 19 dengan pola swakelola atau Program Padat Karya, Rabu (6/5/2020).

Setelah Kecamatan Mandiangin dan Sarolangun, kali ini meninjau Program Padat Karya yaitu Kegiatan pemeliharaan infrastruktur di Kecamatan Pelawan.

Ikut hadir dalam peninjauan tersebut Sekda Endang Abdul Naser, Kadis PUPR Ibnu Ziady beserta staf, bebeeapa Kepala OPD lainnya, Camat Pelawan serta para Kades dalam wilayah Kecamatan Pelawan.

Camat Pelawan Deni Subhan dihadapan Bupati menyebutkan jika dalam program Padat Karya ini, Kecamatan Pelawan mengajukan pemeliharaan infrastruktur, seperti pemeliharaan drainase dan tebas bayang disepanjang jalan kurang lebih 2 KM dengan melibatkan sebanyak 28 tenaga kerja.

Sementara Bupati H.Cek Endra dalam arahannya mengatakan jika program Padat Karya yang diluncurkan pemerintah ini dalam rangka membantu masyarakat dalam kondisi pandemi Covid 19 ini.

" Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat dari dampak Covid 19," ujar H.Cek Endra.

Dijelaskan Bupati jika Pemkab Sarolangun sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 5 Miliar dalam pelaksanaan kegiatan Padat Karya tersebut. Dimana dari data yang sudah masuk sudah terdaftar 132 titik kegiatan.

" Dari 132 titik kegiatan ini akan menghabiskan dana kurang lebih Rp 4 Miliar berarti tinggal Rp 1 Miliar yang akan kita kelolah untuk peningatan produksi pangan," bebernya.

Pada fase pertama saat ini diketahui terfokus untuk peningkatan infrastruktur baik pemeliharaan jalan dan drainase, namun ditegaskan Bupati untuk fase kedua akan fokus untuk peningkatan produksi pangan.

" Jika ini berjalan dengan baik, untuk fase kedua kita fokuskan peningkatan produksi pangan, seperti pembangunan irigasi sawah bahkan bantuan bibit tanaman padi jagaung dan lainnya. Intinya Fokus untuk kegiatan Padat Karya ketahanan pangan guna meningkatan produksi pangan di Sarolangun," ucap H.Cek Endra.

Terakhir Bupati H.Cek Endra meminta untuk seluruh instansi baik dari pihak TNI dan Polri maupun untuk para tenaga kerja sendiri untuk serius dalam menyelesaikan dan mensukseskan program Padat Karya ini.

" Tidak ada main-main lagi dan mohon dukungan dan kerjasamanya untuk saling membantu melaksanakan kegiatan ini. Selamat melaksanakan tugas dan pekerjaan ini," pesan H.Cek Endra.

Peninjauan hari ini, Rabu (6/5/2020) dibagi dua tim. Tim 1 oleh Bupati H.Cek Endra di Kecamatan Pelawan dan tim 2 oleh Wakil Bupati H.Hillalatil Badri di Kecamatan Singkut. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post