Antisipasi Krisis Pangan Dampak COVID-19, Kodim/0319 Dukung Gerakan Menanam


Foto: (Raja2020) 

MENTAWAI (NUSANTARANEWS. NET)  - Disaat pandemi Virus Covid-19 ditengah masyarakat yang mebatasi berbagai aktifitas akibat social distancing dan physical distancing. Petani di wilayah  desa Sipora Jaya Km 9, gigih berupaya meningkatkan hasil panen di tengah pandemi Covid-19, yang sedang melanda masyarakat di dunia termasuk Indonesia.

Upaya mengantisifasi kelangkaan bahan pangan ditengah situasi pendemi Covid 19 Kodim 0319/Mentawai melaksanakan penanaman jagung dilahan Demplot Ketahanan Pangan Kodim 0319/Mentawai yang terletak di desa Sipora Jaya Km 9, Selasa, (28/04/2020).

Disela kegiatannya, letkol Czi Bagus Mardyanto, ST Dandim 0319/Mentawai, mengatakan, pendampingan kepada para petani selain sebagai sarana komunikasi sosial, juga diharapkan dapat meringankan beban para petani.

Menurut letkol Czi Bagus Mardyanto, ST Dandim 0319/Mentawai, Program ini merupakan perintah bapak pangdam I/BB terkait dengan ketahanan pangan. Salah satu upaya untuk ketahanan pangan yaitu memanfaatkan/mengolah lahan tidur yang berada disekitar kita, seperti yang kami lakukan saat ini dengan menanam jagung manis dilahan seluas lebih kurang 1 hektar. Katanya.

“Dengan pendampingan ini, yang paling utama, diharapkan dapat meringankan beban para petani,” harapannya.

Ia menyebukan, bahwa sasarannya utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun anggota kodim itu sendiri. Untuk bibit jagung Manis ini, Kodim 0319/Mentawai bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mentawai.

Sementara itu, Letkol Czi Bagus Mardyanto, ST menuturkan, kita tidak tau kapan situasi pandemi Covid 19 ini akan berakhir, Jangan Pernah Anggap Sepele" karena ini adalah wabah yang mematikan sampai saat ini belum ada obat medisnya. Imbuhnya.

Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat yang memiliki kebun, sawah, dan pekarangan yang luas, jangan biarkan nganggur begitu saja, ayo kita tanami dengan tumbuh-tumbuhan yang produktif seperti pisang, keladi, sayur-sayuran, jagung, padi dan lain sebagainya, fungsinya agar dapat mengantisifasi kelangkaan bahan pangan jika situasi ini belum segera berakhir.

Dikatanya melalui Babinsa, saya sudah perintahkan agar seluruh Babinsa diwilayah kerja mentawai untuk ikut serta mengajak masyarakat di wilayah binaannya untuk menggalakkan ketahanan pangan ini, termasuk anggota-anggota yang tinggal di asrama supaya memanfaatkan lahan di pekarangan rumahnya untuk ditanami sayur maupun buah-buahan. Pesannya.

"Mari kita jaga diri dan keluarga dari Covid-19 tentunya dengan tidak meninggalkan profesi, namun tetap mematuhi dan melaksanakan Imbauan dan kebijakan pemerintah sehingga semuanya berjalan optimal," Pungkasnya. (Lumbanraja)

Post a Comment

Previous Post Next Post