Polisi Larang Penumpang Turun Sebelum Medis Lakukan Pemeriksanaan di Pelabuhan Tuapeijat



MENTAWAI (NUSANTARANEWS. NET) - Pandemi Covid-19 atau virus corona menjadi perhatian seluruh stakeholder di daerah, termasuk di Tuapeijat wilayah Sekitanya. Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Pelabuhan penyeberangan Sabuk Nusantara Padang-Tuapeijat Anggota Polres mentawai turun langsung memperketat pengawasan dengan melakukan tindakan tidak boleh turun dulu dari kapal sebelum team kesehatan datang untuk melakukan pemeriksaan.

Bentuk dari pemeriksaan suhu tubuh cegah penyebaran virus Corona kepada penumpang yang turun di Pelabuhan Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kawasan Pelabuhan Tuapeijat bersama instansi terkait memperketat pemeriksaan penumpang.

Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Kasat Binmas Polres Kepulauan Mentawai, Iptu. Mulyadi penundaan terhadap penumpang , Minggu mengatakan guna meningkatkan pencegahan penyebaran COVID-19, pemeriksaan di Pelabuhan Tuapeijat kepada penumpang diperketat.

"Setiap penumpang Kapal Sabuk Nusantara yang turun di Pelabuhan Tuapeijat seharusnya langsung dipemeriksa suhu tubuh menggunakan Hand Thermo Scanner dan Mencuci tangan menggunakan sabun, Berhubung team kesehatan tidak dapat informasi kalau kapal masuk akan tetapi sudah dikabarin menggunakan telekomumikasi langsung ke kadisnya" katanya.


Setelah team kesehatan datang dengan beberapa waktu maka penumpang diperbolehkan turun dari kapal, biarpun ada insiden penunpang komplain sama karena lambatnya proses giat ini, makan dilakukan Pemeriksaan dan cuci tangan itu dilakukan oleh Tim Kesehatan Terpadu dengan melaksanakan pemeriksaan deteksi dini gejala virus Corona atau COVID-19 terhadap para penumpang kapal Sabuk Nusantara yang turun.

Jumlah penumpang kapal sabuk nusantara ada 7 orang itu terdiri dari 4 asal Padang, 2 Siberut dan 1 Sikabaluan. Kasat Binmas meminta masyarakat agar selalu mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan jangan semaunya karena aturan yang membuat kita bisa aman.

Dengan kegiatan ini, kata dia, Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Kasat Binmas Polres Kepulaun Mentawai, Iptu. Mulyadi penundaan terhadap penumpang Kawasan Pelabuhan bekerja sama dengan tim kesehatan Kesehatan.

Kasat Binmas Iptu. Mulyadi mengemukakan pemantauan sterilisasi oleh petugas kesehatan kepada para penumpang yang turun dilakukan karena pelabuhan merupakan salah satu akses pintu masuk.

Kepala Puskesmas Mapaddegat, Stefany Ribkha Menambahkan teamnya mendapatkan kabar bhawasanya adanya kapal masuk melalui pimpinan. Karena jadwal kapal Sabuk Nusantara yang tidak tetap.


"Pelabuhan Tuapeijat merupakan pintu masuk, sehingga kami mengambil langkah-langkah mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19), salah satunya dengan pemeriksaan suhu tubuh untuk deteksi awal," Pungkasnya.  (Lumbanraja)

Post a Comment

Previous Post Next Post