Longsor Menimpa Rumah Warga,Babinsa Tulakan Bersama Warga Gotong-royong


Pacitan-Tanah longsor terjadi dan menimpa rumah Tuimun (45), warga di RT 02, RW 05, Dusun Pagerjo, Desa Ngile, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Material longsor berupa tanah dan batu itu membuat dinding kamar mandi jebol.

Menurut keterangan Serda Setiyo W, Babinsa Ngile, Koramil Tulakan, kejadian tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Sebelumnya, sejak Rabu (29/01/2020) sore diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras hingga pagi hari.

"Keterangan dari warga kejadiannya sekitar pukul 04.00 WIB. Tebing dengan tinggi 4 meter yang berada di belakang kamar mandi rumah Pak Tuimun  longsor. Akibatnya dinding kamar mandi jebol dan rusak tertimbun material longsoran," katanya,Kamis (30/01/2020).

Menurut Setiyo, kejadian bencana alam berupa tanah longsor tersebut diakibatkan karena curah hujan dengan intensitas tinggi dan dengan waktu lama, sehingga menyebabkan kontur tanah menjadi labil dan lepas.

Adapun tindakan yang dilakukan yakni, setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya bersama Kapolsek Tulakan, Bhabinkamtibmas, Kasitrantib, Kepala Desa Ngile dan Kepala Dusun Pagerjo mendatangi tempat kejadian. Kemudian, melakukan pendataan dan bersama warga masyarakat setempat melakukan gotong royong untuk membersihkan material longsoran dari dalam rumah.

"Untuk sementara, keluarga Pak Tuimun masih menempati rumah tersebut. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, tapi kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp3 juta," imbuhnya, sembari mengimbau kepada warga untuk lebih waspada akan terjadinya bencana serupa, mengingat saat ini wilayah Kabupaten Pacitan memasuki musim penghujan.

Post a Comment

Previous Post Next Post