Kodim 0801/Pacitan Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam


Pacitan,- Sejumlah peralatan antisipasi bencana  digelar bersama, lengkap dengan posko terpadu tanggap bencana, posko dapur lapangan, posko kesehatan dan posko evakuasi. 
Semua ini dipersiapkan untuk menghadapi bencana alam hydrometeorologi di wilayah kabupaten pacitan.Dalam apel kesiapsiagaan tanggap bencana Pemkab Pacitan  bersama instansi  terkait bertempat di Lapangan Peta Kodim 0801/Pacitan,Kamis (9/1/2020). 

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Wakil bupati  Pacitan Drs. Yudi Sumbogo membacakan sambutan Bupati Pacitan mengatakan"Apel gelar pasukan merupakan salah satu upaya menyiagakan seluruh aparatur Pemerintah daerah untuk koordinasi kepada semua unsur Pemerintah,TNI,Polri, relawan dan dunia usaha guna menghadapi resiko bencana alam khusuanya di wilayah pacitan.sebagai mana kita ketahui saat ini perubahan iklim semakin meningkat untuk itu kita harus mewaspadai bencana alam yakni bajir,tanah longsor angin puting beliung dan sebagainya" Ucapnya.

Lebih lanjut Pimpinan apel mengatakan"lakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi BMKG, BPNB dan PVMBG, menyiagakan seluruh aparatur Pemerintah Daerah dan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Instansi Vertikal, Relawan dan Dunia usaha.guna kesiapsiagaan kita harus Membentuk Posko kesiapansiagaan dan melakukan pemantauan secara cermat,Menyiagakan seluruh aparatur Pemerintah  Daerah dan melaksanakan koordinasi dengan TNI Polri,Menyiapkan sarana dan prasarana uang diperlukan, Mengalokasikan anggaran belanja tak terduga yang cukup digunakan setiap saat.Menyebarluaskan informasi  potensi bencana kepada masyarakat.Mengkoordinasikan kesiapan penyelematan dan evakuasi apabila terjadi darurat"pungkasnya.


Sementara Dandim 0801 /Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi di tempat acara mengatakan merupakan komitmen TNI-Polri dalam mendukung program-program pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Pacitan,Untuk kesiapsiagaan Kodim 0801/Pacitan telah menyiapkan 2 unit eskavator, 2 unit kendaraan truk. "Kami siap 24 jam membantu masyarakat menghadapi bencana dan kami mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai ancaman banjir mupun tanah longsor  mengingat curah hujan cukup ekstrim akhir-akhir ini," Ucap Letkol Nuri Wahyudi.

Post a Comment

Previous Post Next Post