Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Aceh Timur Berjalan Sukses.

Foto Asisten l Syahrizal Fauzi.S.STP.M.AP saat menyampaikan sekaligus pembukaan Acara kegiatan Koordinasi Program Keluarga Harapan Resmi Dibuka.
foto dok:
Penyerahan piagam nominasi keluarga penerima manfaat dari Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Aceh Timur. Syahrizal Fauzi,S,STP, M.AP.
Aceh Timur-nusantaranews pelaksanaan rapat koordinasi progran keluarga harapan(PKH) Dinas Sosial Kabuapten Aceh Timur Tahun 2019 yang dibuka oleh Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi,S,STP, M.AP berjalan sukses kegiatan koordinasi tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna Pendopo Bupat Aceh Timur D/A Jln. Petuah Husaen, Desa Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten. Aceh Timur  hari ini Rabu 11 Desember 2019.

 dalam pertemuan kegiatan koordinasi Program keluarga harapan (PKH)Dinas Sosial Aceh Timur  tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat Aceh Timur diantaranya Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Aceh Timur  Syahrizal Fauzi,S,STP, M.AP
Kepala Dinas Sosial aceh yang diwakili oleh Koorwil PKH wilayah Aceh  Faizin ,Sp.Si,Kepala Dinas Sosial Kabuapten Aceh Timur Ir. Elfiandi Sp.I
Kepala Dinas Bapeda Kabupaten Aceh Timur Dr. Darmawan. M.ALI,S.T.,MISD
Pimpinan dari Bank BRI kantor cabang Langsa Nova,Kepala OPD terkait di Kabupaten Aceh Timur,Camat terkait dalam Kabupaten Aceh Timur dan
Peserta anggota rapat koordinasi program kekuarga harapan.

Dalam pembacaan laporannya ketua pelaksana oleh kepala dinas sosial Elfiandi.Sp.I diantaranya mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan untuk menjalin suatu kegiatan yang harmonis antar instansi dan membuatkan hasil sesuai tepat sasaran,tepat waktu dan tepat jumlahnya dengan tujuan prioritas utama adalah mengentaskan kemiskinan dalam masyarakat Aceh Timur dan tujuannya Acara rapat koordinasi ini juga dilaksanakan dalam 1(Satu) hari yang terdiri  dari 70 (Tujuh Puluh) peserta,Jumlah kpm PKH tahun 2019: 3846 yang masuk dalam data :2261,Biaya pelaksanaan rapat koordinasi program keluarga harapan(PKH) berasal dari dipa Dinas Sosial Kabuapten Aceh Timur tahun anggaran 2019 demikian ungkapnya.

Dalam sambutan dan arahan Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi S,STP, M.AP diantaranya menyebutkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan Program Nasional dan bersifat Lintas Sektor melibatkan Kementerian Sosial sebagai pelaksana,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta Kementerian Kesehatan sebagai penyedia Data KPM PKH melalui Pusdatin Kementerian Sosial RI, Kemenkominfo sebagai Instansi yang berwenang dalam mensosialisasikan Program, Bappeda sebagai perencana Program Daerah dan Himpunan BANK Negara sebagai Lembaga Bayar Bantuan,PKH yang menjadi Program Bantuan Sosial Utama mempunyai Dampak tugas langsung dan signifikan terhadap program PKH ini untuk mengentaskan Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial, selain itu PKH juga berperan untuk meningkatkan pemerataan kesempatan bagi anak penerima PKH dengan mendorong Investasi pada Modal Sumber Daya Manusia (SDM), dimana PKH telah terbukti menjadi Program Bantuan Sosial Non Tunai paling Efektif di Indonesia.

Lebih lanjut bahwa Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan dapat mengurangi beban hidup Masyarakat Miskin agar berkurang dalam jangka pendek, serta untuk jangka panjang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka, khususnya kualitas Pendidikan dan Kesehatan.

Sehingga Anak Keluarga Penerima Manfaat akan mendapat pelayanan Pendidikan yang sama dengan anak pada umumnya yang memiliki kemampuan lebih.

Selain itu, Program Keluarga Keluarga Harapan (PKH) dapat mendukung banyak Program perioritas Pemerintah seperti :
1). Berkurangnya tingkat Kemiskinan dab Kesenjangan.
2).  Memperluas Program ke Wilayah - Wilayah Prioritas.
3). Tata Kelola yang lebih baik.
4). Meningkatkan Inklusi Keuangan.
5). Menurunkan angka Gizi buruk.
6). Menurunkan angka Stunting.
7). Meningkatkan pencapaian Pendidikan dan mengurangi angka putus Sekolah.
f. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) khususnya dii Aceh Timur diharapkan mampu membantu pencapaian Target Pemerintah Aceh untuk menurunkan angka Kemiskinan sebesar 1% Per - Tahun.

Rapat Koordinasi PKH diperlukan untuk memadukan gerak langkah dan sinergi Program semua Instansi terkait dalam mendukung pelaksanaan PKH, sehingga dapat menyamakan persepsi dan melahirkan kesepakatan bersama dalam menyelesaikan masalah.
Selaim itu kegiatan Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) adalah wadah peningkatan Intensitas Koordinasi Lintas Sektor terkait, sehingga muncul kesadaran bersama untuk mendukung pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH).
Melalui Bappeda Kab/Kota diharapkan dalam meningkatkan dukungan melalui Sharing Anggaran bagi pelaksanaan kegiatan - kegiatan (seperti kegiatan Sosialisasi PKH di Kab/Kota, Rapat Koordinasi PKH Tingkat Kabupaten) dan kegiatan pendukung lainnya sertta dukungan Sharing Anggaran untuk penunjang kegiatan dan Operasional bagi Pendamping dan Operator PKH di Lapangan.

Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur juga dituntut untuk meningkatkan Monitoring dan Evaluasi dalam pelaksanaan PKH, supaya pelaksanaan PKH dapat menemui sasaran yang tepat, dan tepat waktu tepat jumlahnya (artinya tidak ada pemotongan - pemotongan Bantuan Sosial oleh Oknum - Oknum tertentu dilapangan), sehingga pelaksanaan Program ini dapat mencapai tujuan dalam mengurangi Kemiskinan serta memutuskan mata rantai Kemiskinan antar Generasi demikian harapannya.(*)

Post a Comment

Previous Post Next Post