Wahai Guru, Peranmu Tak Tergantikan

Oleh : Muzayyanah 
(Guru, Indramayu)

Guru adalah profesi yang sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa. Guru berperan penting dalam menentukan maju atau hancurnya generasi kita di masa depan. Warna generasi kita sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang mereka terima. Dan guru berada di garda terdepan dalam pendidikan. Guru yang secara langsung berinteraksi dengan peserta didik di sekolah. Tentu merekalah yang banyak mempengaruhi karakter para peserta didik.

Karakter guru akan sangat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Karena interaksi guru dan peserta didik yang cukup intens di sekolah. Disadari atau tidak perilaku guru akan menjadi rujukan bagi peserta didik. Pantaslah jika sering disebut guru itu digugu dan ditiru.  Dengan demikian guru harus mampu menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya. Selalu menularkan hal-hal positif kepada mereka.

Memang guru bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan pendidikan bagi peserta didik. Di sekolah sendiri ada tenaga kependidikan (TU) yang juga sering berinteraksi dengan peserta didik, selain guru. Karena itu diperlukan kesamaan visi dan misi pendidikan bagi seluruh elemen sekolah. Sehingga memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter peserta didik.

Selain guru, kurikulum adalah unsur pendidikan yang juga tak kalah penting bagi keberhasilan pendidikan. Namun sebagus apapun kurikulum bila tidak dibarengi dengan kualitas guru yang baik, tak akan berdampak signifikan. Kurikulum adalah seperangkat program yang harus dijalankan agar berdaya guna. Dan guru lah yang akan mengaplikasikannya secara langsung pada peserta didik. Karena itu peran guru tak pernah tergantikan dalam menjalankan semua program pendidikan.

Peran penting guru ini tentunya harus dipahami oleh semua guru. Sehingga mereka akan selalu menampilkan perilaku terpuji di hadapan peserta didiknya. 

Di era internet saat ini, dimana informasi begitu mudah diperoleh. Peran guru sebagai sumber ilmu bisa saja terkurangi. Maka jika guru hanya melakukan transfer ilmu saja, bisa jadi perannya akan tergantikan oleh search engine yang bisa memberikan informasi apa saja yang diinginkan. Tapi ada peran guru yang tak bisa digantikan oleh search engine manapun. Yaitu tugas guru untuk mentransfer karakter mulia. Hanya guru yang mampu menginstal berbagi karakter positif pada peserta didik. Budi pekerti yang baik, seperti sopan santun, ketakwaan, kerjasama, keuletan, jiwa pembelajar. Semua itu hanya bisa didapatkan peserta didik dari seorang guru. Sampai kapan pun tugas guru untuk membentuk karakter positif pada peserta didik tak pernah tergantikan.

Post a Comment

Previous Post Next Post