Budaya Gotong Royong Ciri Khas Bangsa Indonesia

Gotong royong sebagai ciri khas bangsa


Pati, Kerja bakti adalah salah satu budaya yang ada di Indonesia. Dengan bahasa yang lebih luas gotong royong merupakan salah satu kebiasaan yang harus kita jaga dalam kehidupan sehari hari. Rabu, 20/11/2019.

Demikian pula dengan anggota Koramil 13/Tlogowungu Kodim 0718/Pati. Sertu La Jamal Babinsa Desa Lahar Kecamatan Tlogowungu salahsatunya. Anggota Koramil yang asli dari Maluku inipun tidak segan turun langsung untuk membantu masyarakat dalam gotong royong membangun talud yang ambrol di RT 3/II  Dukuh Gajah. Tanpa ragu bersama masyarakat mengangkat batu dan adukan semen sebagai bahan untuk membangun talud dipinggir jalan tersebut.
“Ditempat saya Maluku, gotong royong seperti ini juga menjadi kebiasaan sehingga saya juga sudah terbiasa dalam bergotong royong dengan masyarakat, apalagi di desa yang menjadi tanggung jawab saya ini,” Ungkap Jamal.



Parno salah satu warga yang ikut kerjabakti bersama Babinsa ini sangat mengapresiasi, meskipun berasal dari lain daerah ternyata tidak canggung bergabung dengan masyarakat untuk kerja bakti.
“Salut dengan Pak Jamal, ternyata kerja bakti atau gotong royong sudah membudaya di kalangan bangsa Indonesia yang sangat luas ini,” Ungkapnya.

Benar adanya kalau gotongroyong adalah salah satu budaya bangsa yang harus dijaga demi menjaga persaudaraan, persatuan serta untuk meringankan pekerjaan. Ciri budaya bangsa yang tidak akan lekang ditelan waktu selama. (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post