Manfaat Lemon, Baik untuk Jantung Hingga Melawan Kanker

By : Riva Septian Pratama

Lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya yang dikenal sebagai flavonoid berperan penting dalam melawan kanker, penyakit jantung serta peradangan.

Lemon juga memiliki aroma yang menyegarkan sehingga dapat menyembuhkan mual dan sakit kepala. Selain itu, rasanya juga enak sehingga sering ditambahkan pada masakan atau minuman.

Berikut ini akan dibahas beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan,seperti  dilansir  RRI  dari Boldsky, Selasa (20/11/2018).

1. Mencegah flu Sistem kekebalan yang lemah membuat tubuh rentan terhadap pilek. Vitamin C dalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Lemon memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Minumlah segelas lemon hangat setiap hari sampai flu Anda sembuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung Kesehatan jantung tetap sehat berkat flavonoid. Sebab, flavonoid menjaga lemak dan gula darah pada tingkat yang stabil. Lemon adalah sumber vitamin C yang baik untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Lemon juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Membantu detoksifikasi Lemon mengandung antioksidan yang disebut sebagai D-limonene yang sangat terkonsentrasi di kulit lemon. Antioksidan D-limonen ini mengaktifkan enzim di hati yang merupakan bagian dari fase 1 dan 2 proses detoksifikasi. Selama proses ini, senyawa beracun diambil dari hati dan dieliminasi dari tubuh melalui air kencing atau empedu. Menghilangkan racun dari ginjal membutuhkan banyak minum air jeruk juga. Minumlah segelas perasan air lemon hangat di pagi hari.

 4. Meningkatkan kesehatan otak Menurut beberapa penelitian, lemon dapat menangkal penurunan mental yang parah seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Jumlah vitamin C yang baik dalam tubuh telah terbukti dapat melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

5. Merangsang pertumbuhan rambut Lemon merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut dan ini mencegah rambut rontok berkat kandungan vitamin C. Lemon juga memiliki sifat antijamur yang membantu dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe. Oleh karena itu lemon dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi semua masalah rambut

6. Mencegah anemia Menurut sebuah penelitian, lemon mengandung sejumlah besar asam askorbat yang membantu mencegah anemia dengan membantu penyerapan zat besi yang lebih baik dari makanan nabati. Penyerapan zat besi lebih cepat dari makanan non-vegetarian, tetapi ada penyerapan zat besi yang lambat dari makanan nabati. Ini dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi yang lebih cepat dari makanan nabati.

7. Menurunkan resiko kanker Senyawa tanaman yang ditemukan di lemon seperti naringenin dan limonene diketahui memiliki efek anti-kanker. Naringenin yang hadir dalam phytochemical di lemon dan buah jeruk lainnya, memiliki efek kesehatan yang positif dalam mencegah kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa D-limonene, senyawa yang ditemukan dalam lemon juga memiliki beberapa sifat antikanker. Senyawa ini mencegah kanker lidah, paru-paru dan usus besar

sumber : KBRN

Post a Comment

Previous Post Next Post