Mandeh 'Raja Ampatnya' Sumatera Barat


PAINAN, -  Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Tidak Heran apabila Kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat International.

Puncak mandeh, tempat wisata yang menyerupai Raja Ampat Kimana di Kabupaten Pesisir Selatan dan berbatasan langsung dengan Kota Padang. Lokasi tersebut terletak kurang lebih 56 km dari kota Padang dan dapat ditempuh menggunakan mobil selama 1 jam perjalanan.

Kawasan wisata Mandeh sendiri mempunyai area seluas 18.000 Ha dan meliputi 7 desa dari 3 nagari yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, beternak dan bertani.

Selain keindahan alamnya yang mempesona Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau- pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Tidak Heran apabila Kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat International.


Bila anda berada di puncak Kawasan Mandeh maka  anda akan dimanjakan dengan keindahan gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak dan gradasi warna air lautnya yang menambah menawannya Kawasan Mandeh ini.

Di bagian selatan Kawasan  Mandeh tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan sungai, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riak – riak kecil.

Sedangkan di kawasan utara Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Salah seorang warga  Syafri ( 45th) bercerita jika dirinya lebih memilih berwisata ke kawasan Pasir Selatan dibandingkan berkunjung wisata lain di Sumatera Barat. Dirinya mengaku sangat tentram ketika berada di Kawasan Mandeh .

"Kalau dibandingkan dengan objek wisata lain, Kawasan  Mandeh memamg luar biasa , maka tidak heran Kawasan Mandeh di katakannl Raja Ampatnya Sumatera Barat," pujinya .

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni terus   meningkatkan pembangunan dan pendataan Kawasan Mandeh , Dia juga berharap Kawasan wisata tersebut tidak hanya dinikmati dalam hitungan puluhan tahun bisa ratusan bahkan lebih .

Kita akan melakukan  penataan  dilokasi Puncak Panorama Kawasan Mandeh dan sesuai rencana beberapa kios semi permanen milik pedagang akan pindahkan namun akan tetap berhubungan dengan lokasi.

"Nanti akan kami tata di lokasi akan dilengkapi kamar mandi dan juga tempat ibadah, sehingga wisatawan semakin nyaman," katanya. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post