Lestarikan Budaya Bangsa Dengan Berbagai Pameran Seni


PATI - Pameran keris Tosan Aji yang dilaksanakan di Kodim 0718/Pati dalam rangka menyambut HUT ke 74 TNI selama lima hari resmi di tutup. Sedangkan untuk pameran bonsai akan berakhir pada Senin malam 30 September 2019.
Dandim 0718/Pati, Arief Darmawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan lancar serta berhasil menarik perhatian masyarakat setempat.

"Untuk penutupan bonsai nanti dibarengi dengan segala pertunjukan seni yang ada. Kita gabungkan semua mulai dari seni musik, seni rupa, seni drama akan main semua", ungkap Arief, Minggu (29/9/2019).


Arief menyebut, masih banyak rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan guna menyambut HUT ke 74 TNI diantaranya ialah upacara pertunjukan wayang juga operasi bibir sumbing. Rencananya, operasi tersebut akan dijadwalkan di akhir bulan Oktober 2019 mengingat harus mencari calon pasien terlebih dahulu.

"Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung segala sesuatunya demi kelancaran dalam menyambut HUT ke 74 TNI ini.

Dengan tema TNI Profesional Kebanggaan Rakyat, lanjut Arief, ia berharap, mudah - mudahan dapat kita wujudkan melalui tugas pokok kita.

"Yaitu dalam operasi militer untuk perang maupun operasi militer non perang yang lebih banyak kita laksanakan dalam satuan komando kewilayahan, guna mendukung pemerintah daerah", pungkasnya.



Sementara itu, Bupati Pati Haryanto yang berkesempatan hadir mengatakan bahwa baik pameran keris maupun bonsai, sama - sama memiliki nilai seni tersendiri. Bonsai memiliki nilai seni dan estetikan, begitupun keris yang juga memiliki nilai seni dan budaya warisan dari para leluhur.

"Bagi yang tidak mengetahui dan tidak paham, tentu hal tersebut dianggap biasa saja dan tidak bernilai. Namuj apabila paham dan mengetahui tentang seni, hal tersebut tentunya memiliki nilai tersendiri", ujarnya.

Bupati menyebut bahwa seni tersebut, nilainya tidak bisa diukur hanya dengan rupiah saja. Ia mengatakan segala hal yang baik belum tentu dapat digunakan, sedangkan yang dianggap buruk mungkin bisa baik bagi diri.

"Baik keris maupun bonsai ini, keduanya saya suka. Selain memiliki nilai seni yang tinggi, keduanya juga mempunyai nilai ekonomi tersendiri", imbuhnya.


Bupati berharap bahwa segala rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke 74 TNI, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ia berharap, semoga kedepan TNI semakin jaya, semakin kuat serta selalu menjadi garda terdepan dalam menaungi NKRI. (er/sol)

Post a Comment

Previous Post Next Post