Polres Sarolangun Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019

N3,Sarolangun ~ Dalam rangka pengamanan tahapan inti Pemilu serentak tahun 2019, Kepolisian Resor (Polres) Sarolangun menggelar Latihan Sistim Pengaman Kota (Sispam Kota) di lapangan Gunung Kembang Pemkab Sarolangun,Selasa (2/4/2019).

Latihan Sispam Kota tersebut diawali dengan apel gabungan yang dipimpin Wakapolres Sarolangun,Kompol Atrizal. Turut dihadiri Dandim 0420/Sarko yang diwakili Danramil Sarolangun Mayor.CHB Mentomerri,Forkopimda,Kepala OPD, komisioner KPU, Bawaslu dan pejabat lainnya.

Acara ini mengambil tema "Melalui Latihan Sispam Kota Kita Tingkatkan Kemampuan Personel Dalam Pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Sarolangun Guna Terpeliharanya Keamanan dan Ketertiban Masyarakat".

Dalam amanat Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana yang dibacakan Wakapolres,latihan ini merupakan wujud kesiapsiagaan Polres Sarolangun dalam melaksanakan pengamanan tahapan Pemilu 2019 agar bisa berjalan aman dan demokratis.

" Polres Sarolangun siap mengamankan dengan sebaik-baiknya dengan berupaya meningkatakan kemamapuan personel,"sebut Kompol Atrizal.

Selesai apel gabungan,dilanjutkan dengan skenario simulasi yang menceritakan pengamanan Pemilu 2019 mulai dari patroli gabungan di masa tenang diikuti dari personel polres,TNI dan Satpol PP hingga pelaksaan pencoblosan di hari H serta terjadinya kerusuhan massa pendukung salah satu peserta pemilu mengamuk lantaran tidak puas dengan hasil pleno KPU yang telah digelar.

Dalam simulasi tersebut, tim pengamanan melakukan upaya persuasif pada awal massa yang hendak menerobos masuk ke kantor KPU. Namun kondisi di lapangan semakin tidak kondusif, massa mulai anarkis dengan melakukan pembakaran ban serta melakukan pelemparan benda dan mendorong petugas keamanan.

Menindaklanjuti kondisi seperti itu,personel gabungan mengambil tindakan untuk menerjunkan tim Dalmas dan menyemprotkan air dari mobil Watercanon. Namun, massa semakin brutal dan tidak dapat dikendalikan.Karena massa semakin brutal, tim Dalmas terpaksa melakukan beberapa tindakan untuk memukul mundur massa.

Wakapolres Sarolangun Kompol Atrizal mengatakan, dalam Sispam Kota ini Polres Sarolangun melibatkan sekitar 115 orang personel yang dibantu 1 SSK dari batalyon B Pamenang sebanyak 80 personel.

" Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel agar mengerti dan memahami bagaimana cara mengatasi situasi kekacauan dalam tahapan Pemilu 2019 khususnya di Kabupaten Sarolangun," singkat Wakapolres. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post