Penulis : Yanyan Supiyanti A.Md
(Pengajar di Sekolah Tahfidz & Member Akademi Menulis Kreatif)

Islam bukan hanya sebatas agama ritual, tapi juga sebagai ideologi yang berasal dari langit, dan harus diterapkan secara menyeluruh dalam semua aspek kehidupan, mulai dari hablumminallah (hubungan manusia dengan Allah Ta'ala) mencakup akidah, ibadah, dan lain-lain; hablumminafsi (hubungan manusia dengan dirinya sendiri) mencakup akhlak, makanan, minuman, dan pakaian; hablumminanas (hubungan manusia dengan sesamanya) mencakup muamalah, uqubat (sanksi hukum), dan lain-lain.

Islam itu agama yang sempurna, sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam surat al-Maidah ayat 3, yang artinya:

"Pada hari ini Aku telah menyempurnakan untuk kalian agama kalian (Islam), telah melengkapi atas kalian nikmat-Ku dan telah meridhai Islam sebagai agama bagi kalian." 

Karena itu, tentu sebuah kelancangan jika kita menganggap ada hal-hal yang tidak diatur oleh Islam. Islam mengatur dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, dari mulai urusan keluarga sampai urusan negara.

Totalitas dan kesempurnaan Islam tidak akan tampak kecuali jika kaum Muslim mengamalkan Islam secara kaffah (total) dalam seluruh segi kehidupan.
Inilah yang Allah Ta'ala perintahkan secara tegas dalam al-Qur'an:

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh setan itu musuh yang nyata bagi kalian" (TQS al-Baqarah[2]:208).

Menurut Imam an-Nasafi, ayat di atas ditujukan untuk semua kaum Mukmin. Menurut Imam Qurthubi, melalui ayat ini, Allah Ta'ala menuntut orang-orang yang masuk Islam untuk masuk ke dalam Islam secara keseluruhan (total). Mereka tidak boleh memilih-milih maupun memilah-milah sebagian hukum Islam untuk tidak diamalkan.  Dan menurut Imam ath-Thabari, dalam ayat ini kaum Mukmin diseru untuk menolak semua hal yang bukan dari hukum Islam; melaksanakan seluruh syariah Islam; dan menjauhkan diri dari upaya-upaya untuk melenyapkan sesuatu yang merupakan bagian dari hukum-hukum Islam.

Dengan demikian, Islam adalah agama yang lengkap dan sempurna, yang meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak ada satu pun persoalan yang tidak dipecahkan oleh Islam.

Karena itu, kaum Muslim diperintahkan untuk hanya melaksanakan seluruh syariah yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, yakni ditegakkannya kembali Khilafah di atas metode kenabian. Tak sepatutnya kaum Muslim mempraktikkan aturan -aturan lain selain Islam.
Wallahu a'lam bi ash-shawab.[]
 
Top