Penulis : Uthie Siti Solihah
(Member Komunitas WCWH)

Setelah ramai berbagai challenge yang diikuti pengguna media sosial baik artis atau bukan. Kini kembali jagat maya khususnya dunia youtube diramaikan dengan video video prank. Atau yang lebih dulu dikenal dengan istilah April Mop.

Prank & April Mop

Prank adalah kata benda berbahasa Inggris yang artinya adalah gurauan - kelakar-  olok olok - seloroh - gurau (bab.la). Di barat fenomena prank biasa disebut April Mop.

April Mop diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman,  bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop".

Prank dan April mop sama saja. Hanya waktu kejadiannya saja yang membedakan namanya. Isi nya sama yaitu lelucon.

Di Indonesia artis yang membuat  video prank ini sudah banyak. Sebut saja Atta Halilintar. Sulung dari 11 bersaudara ini adalah salah satu youtuber Indonesia yang sudah punya kurang lebih 11 juta subscriber (https://socialbklade.com).

Di channel youtube dengan nama akun "Atta Halilintar" 3 Minggu yang lalu. Pria berusia 23 tahun ini  telah meng-upload video prank dengan seorang artis sekaligus presenter Raffi Ahmad. Dengan jumlah penayangan sebanyak 6.4 juta (www.youtube.com)

Dalam video berdurasi  kurang lebih 16 menit  itu. Atta bekerja sama dengan asisten Raffi untuk mengerjai Ayah dari Rafathar Malik Ahmad.  Aksi prank Atta sukses membuat Raffi kesal dan sangat marah. Pasalnya mobil mewah Lamborgini Raffi  didapati dalam keadaan kotor. Isinya diisi bola bola kecil. Dan badan mobil dipenuhi tisu. Ketika Raffi hendak melaporkan pada pihak keamanan perumahan untuk melihat rekaman cctv guna mengetahui siapa yang menyebabkan Lamborgini nya kotor. Barulah Atta membongkar rahasia bahwa dia lah pelaku nya. 
Mengapa Video Prank Banyak Diikuti? 
.
Di dunia digital seperti sekarang. Dunia maya seakan menjadi bahan hiburan utama. Para pembuat prank tidak lain hanya ingin eksis. Berlomba lomba menarik perhatian warga net. Mendapat banyak like dan banyak follower. 
.
Video yang di upload di youtube pun dijadikan sebagai lahan mendapatkan uang. Artis Atta Halilintar salah satu yang meraup banyak keuntungan dari video video nya.
.
Saat sebuah video di youtube ditonton lebih dari 1.000 kali, maka si pembuat video menerima 1 dolar AS. Sebagai contoh, jika video buatan Atta ditonton 4 juta kali dengan asumsi 1 dolar setara dengan 14 ribu rupiah, maka ia meraup 56 juta rupiah. Itu baru satu video (tabloidbintang.com).


Prank Dalam Pandangan Islam 

Rasulullah sebagai contoh teladan umat Islam pun suka bercanda. Dikisahkan Rasulullah menjawab pertanyaan seorang nenek yang menanyakan perihal surga. Rasulullah menjawab bahwa di surga tidak ada nenek nenek. Sang nenek sangat bersedih. Kemudian Rasulullah menjelaskan satu ayat.
“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari itu) dengan langsung. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.“ (QS al-Waaqi’ah [56]: 35-36). 
Akhirnya, sang nenek tadi pun tersenyum mendengar penjelasan Rasulullah.

Isi dari gurauan Rasulullah adalah kebenaran. Mengandung hikmah dan tidak sampai berlebihan. Hanya untuk membuat suasana menjadi lebih riang namun tetap bisa manfaat.

Ada 3 unsur yang tidak boleh dilakukan seorang muslim untuk bahan candaan.

1. Menakut nakuti 
Kebanyakan video prank adalah membuat takut korbannya. Contohnya tadi. Raffi dibuat takut akan keadaan mobil mahalnya. Hingga cemas dan akan melaporkan ke pihak keamanan.
"Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

2. Tidak Berbohong
Video Prank tidak lepas dari berkata bohong. Karena keadaan di setting dan direncanakan. Maka pembicaraan pun diatur sedemikian rupa untuk tidak berkata yang sebenarnya. Di akhir baru diakui kalau ini kejadiannya hanya gurauan. Walau pada akhirnya ada kata saling memaafkan namun berkata bohong jelas adalah suatu dosa. 
“Celakalah seseorang yang berbicara dusta untuk membuat orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi).

3. Sedikit tertawa banyak menangis
Rasulullah Saw mengajarkan umatnya untuk tidak banyak tertawa karena khawatir mematikan hati. Dan banyak banyak menangis sebagai bahan muhasabah diri atas dosa dosa yang dilakukan. Supaya semakin dekat dengan Allah. 
 “Janganlah kalian banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati.” (HR. Ibnu Majah).

Bercanda atau bergurau pada dasarnya boleh dilakukan, namun tidak boleh berlebihan. Sekedar untuk membuat ukhuwah dengan teman semakin akrab atau membuat silaturahmi dengan keluarga semakin dekat. Apalagi dengan membuat video prank yang merupakan aktivitas latah dari budaya di luar Islam. Semoga kita termasuk ke dalam umat yang banyak menebar manfaat bukan hanya umat yang sekedar mengikuti challenge yang tidak mencerdaskan.
Wallahua'lam Bishowab
 
Top