N3, Padang - Berdasarkan data statistik 2015 jumlah remaja 10 tahun sampai 24 tahun di kota Padang sebanyak 270.724 jiwa. jumlahnya remaja tersebut 30% dari jumlah penduduk kota Padang. data ini menunjukan jumlah generasi muda di kota Padang menjadi aset daerah yang perlu dijaga dan dikembangkan kualitasnya. kata Daryanto Rustam kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ketika membuka 50 orang Finalis Duta GenRe tahun 2019 tingkat kota Padang di Hotel Mariani Senin 4/3/2019.

Namun sangat disayangkan, ketika jumlah tersebut disertai dengan tingginya angka kasus yang dialami remaja, seperti HIV.Narkoba, hingga aborsi, AIDS, dan terjadinya pernikahan di usia anak yang mengakibatkan kematian remaja itu sendiri. Sehingga dapat mengurangi kesempatan dan menikmati masa depan yang gemilang.kata Daryanto Rustam.

Untuk pencegahannya penyakit tersebut berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah. begitu pedulinya Pemerintah dengan remaja untuk membantu remaja itu  keluar dari masalah mereka.
Melalui Dinas DP2AP2KB berbagai terobosan dalam rangka mengembangkan program terkait masalah remaja dilakukan berbagai upaya seperti program generasi berencana (GenRe). Ini membawa dampak positif untuk peningkatkan kualitas hidup bagi remaja itu di masa depan.

Selanjutnya Daryanto Rustam kepala Dianas DP3AP2KB mengatakan. tantangan yang sangat besar dialami oleh para remaja saat ini adalah terjadinya kemerosotan moral generasi, mulai dari prilaku berisiko dan menyimpangan seperti narkoba,LGBT. Untuk itu Pemerintah kota Padang tak pernah diam untuk mengantisipasi kemerosotan moral generasi muda tersebut. sehingga Pemerintah berupaya melakulan berbagai  program yang bermanfaat untuk generasi muda itu.  seperti pesantren Ramadhan dimana program GenRe sudah menjadi bagian dalam kurikulum pesantren Ramadhan itu disetiap sekolah di kota Padang.

Untuk itu, melalui pemilihan duta GenRe diharapkan tidak hanya sebagai ajang pemilihan duta GenRe saja, namun sebagai pelopor nantinya ditengah masyarakat untuk menjauhi perbuatan yang merugikan generasi muda itu. oleh sebab itu diaharapkan duta GenRe sebgai  rol model, motivator.  seorang duta GenRe harus mempunyai beban moral kedepan untuk membantu saudaranya melalui sosialisasi dilingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.ujar Daryanto lagi.

Melalui ajang pemilihan duta GenRe bertujuan untuk mensosialisasikan program GenRe di lingkungan sekolah atau kampus. Serta  meningkatkan ilmu pengetahuan sikap prilaku mahasiswa dan siswa yang sehat dan beraklak. Dan inilah revolusi mental yang selalu didengungkan oleh bapak proklamator Republik Indonesia bung Karno melalui figur duta GenRe. Tukuk Daryanto Rustam. (Z).
 
Top