Pasaman - nusantaranews.net
Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis canangkan bulan Bhakti Dasawisma Kabupaten Pasaman 2019 Senin, (6/3) di halaman Kantor Bupati Pasaman Lubuk Sikaping. 

Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gordang 9 oleh Bupati bersama Wakil Bupati Pasaman dan didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Pasaman.

Acara Pencanangan berlangsung meriah mengusung tema “Melalui Bulan Bakti Dasa Wisma Kita tingkatkan Fungsi dan Peran Keluarga Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya”.

Dalam arahannya Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis menyampaikan, keberadaan gerakan 10 program pokok PKK yang sudah diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Lanjutnya, PKK sebagai mitra  mempunyai peran strategis membantu kelancaran program pemerintah terutama peningkatan kesejahteraan keluarga, pengentasan kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat.

Tambah Bupati Pasaman, salah satu kegiatan PKK yang kita canangkan hari ini adalah Bulan Bhakti Dasa Wisma. Kelompok Dasa Wisma sangat dibutuhkan peran dan kreatifitasnya sebagai ujung tombak PKK. 

“Dasawisma harus terus meningkatkan perannya guna mewujudkan peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat dan diharapkan mampu mengantisipasi muncul serta berkembangnya penyakit masyarakat”, pungkasnya.

Sebelumnya, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman Ny. Mira Atos Pratama  dalam sambutannya menyampaikan, kelompok dasawisma adalah motor penggerak pelaksanaan 10 program pokok PKK untuk mewujudkan keluarga-keluarga yang sehat sejahtera lahir dan batin.

Namun, kondisi saat ini masih ada kelompok Dasa Wisma yang belum terbentuk dan belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diharapkan. 

Hal ini perlu disikapi dengan melakukan pembinaan dan arahan yang seksama, terpadu, terkendali dan berkesinambungan oleh TP PKK secara berjenjang.

“Menyikapi hal itu perlu dilakukan terobosan dan upaya-upaya agar kelompok Dasa Wisma dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat melalui kegiatan 10 Program Pokok PKK. 

Salah satu upaya tersebut yaitu pencanangan Bulan Bakti Dasawisma setiap bulan Maret yang telah dimulai sejak tahun 2017 dan tahun ini sudah pencanangan yang ke III”, Ny Mira istri Wakil Bupati Pasaman. 

Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Kabupaten Pasaman disemarakkan dengan penampilan Tahfiz anak-anak, penampilan yel-yel PKK, pameran tanaman hidroponik pestisida nabati dan pupuk organic cair serta menampilkan produksi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dari 12 Kecamatan dalam Kabupaten Pasaman. { In Psm }
 
Top