Babinsa Bantu Pemupukan dan Penyiangan Rumbut di Sawah

SRUMBUNG - Anggota Koramil 16/Srumbung  Sertu Iswanto melaksanakan pendampingan penyiangan rumput di dusun soropadan desa srumbung kecamatan srumbung kabupaten magelang. Kamis, ( 08/11 ).

Kegiatan pendampingan kepada para petani selalu dilakukan oleh Babinsa, hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah.Salah satunya adalah seperti yang dilakukan Sertu Iswanto mendampingi petani memupuk padi dan pembersihan rumput. Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri. Akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

“Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan unsur hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari,” kata Sertu Iswanto

Sertu Iswanto selain melaksanakan kegiatan pendampingan penyiangan padi juga membantu pemupukan. Adapun tanaman padi tersebut sudah usia tanam kurang lebih 1 bulan. Tanaman padi yang ditanam harus mendapatkan semua nutrisi dan pengairan cukup agar mampu menghasilkan padi yang optimal baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.



Bapak Wardi, selaku pemilik sawah menuturkan, bangga dan berterimakasih kepada Babinsa yang membantu para petani. Dia mengatakan, pekerjaan cepat terselesaikan, semangat para Babinsa yang luar biasa dapat dijadikan motivasi bagi para petani.

 “Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator, agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah,”

Upaya Babinsa ini merupakan terobosan baru dalam usaha pendampingan, pihaknya (Babinsa) akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, imbuh Iswanto.(R16)
Previous Post Next Post