Ponpes Darul Ulum Padang Magek Terus Berbenah



N3, Padangpanjang ~ Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek, Tanah Datar, Sumbar, didirikan  Tk Salim Malin Kuning tahun 1942 berupa pengajian surau mengaji kitab kuning. Beliau lahir  tahun 1914 dan meninggal dunia 1987.  Sejak tahun 1987 pondok ini diteruskan murid beliau, Tk Anwar Sutan Marajo. 

Tahun 1989 Tk Anwar diperkuat oleh Tk Jakfar Imam Mudo. Tk Anwar meninggal 2014. Sejak itu sampai kini darul ulum dipimpin Tk Jakfar Imam Mudo dibantu beberapa santri senior yang mengabdi di pondok ini.

"Kini Pondok Pesantren Darul Ulum sedang butuh tempat tinggal anak santri. Tempat yang ada sudah tidak muat karena santri semakin bertambah. Kami butuh uluran tangan donatur dan sumbangan tidak mengikat dari semua pihak," kata H. Syahyuti Abas pengelola Pesantren Darul Ulum di Padang Magek, ketika dijumpai beberapa waktu lampau.

Menurutnya, selama ini darul ulum berkembang  berkat dukungan anak nagari, masyarakat luas, kaum muslimin dan muslimat serta bantuan pemerintah.  Kini pondok ini berdiri dengan dua unit bangunan dan satu buah mushalla. Pondok ini juga dikelilingi surau-surau kecil milik masyarakat yang ditempati oleh para santri yang tetap konsisten belajar kitab kuning.

Santri yang menimba Ilmu agama di pesantren ini, antara lain berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Tanah Datar sendiri. Mereka tidak dipungut biaya. Kecuali berupa iyuran yang diputus musyawarah santri sendiri, untuk keperluan kelangsungan belajar mengajar di pondok.

Tk Jakfar Imam Mudo, mengatakan, santri bisa diantar keluarga kapan saja, cukup bawa selimut, tikar dan bantal. Biasanya banyak yang datang  setelah lebaran. Pada tahun-tahun terakhir ini jumlah santri semakin banyak. Hingga kini  santri laki laki dan perempuan sekitar 300 orang. Tempat tinggal santri menjadi sempit. Tempat yang tersedia tidak memadai lagi. Untuk itu perlu ditambah bangunan sederhana sebagai solusinya.

Dalam hal ini, baik Syahyuti Abas maupun Tk Jakfar memberikan kesempatan kepada kaum muslimin dan muslimat  dimana saja berada, yang berniat berimfak, bersedekah dlsb untuk kebutuhan pesantren, dapat mengirimkan bantuan ke: No Rek. Bank Nagari 0300.0210.03675-1. A/n. Bos PPS Pesantren Darul Ulum Padang Magek. 

Sumbangan Bapak dan Ibu, Saudara juga bisa diantar langsung ke alamat di Jorong Guguak Gadang, Padang Magek, Tanah Datar, Sumbar. Jika sumbangan Bapak dan Ibu perlu  dijemput, mohon  hubungi Bapak Syahyuti Abas di nomor 081267617618. Tk Jakfar 081267917016.
Previous Post Next Post