Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Penuh Antusias di Payakumbuh

N3 Payakumbuh - Keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat, mari bangun program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga sesuai dengan UU Nomor 36 tahun 2009. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga”, demikian beberapa pesan disampaikan Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat bertindak selaku Inspektur Upacara sekaligus membacakan naskah pidato Menteri Kesehatan RI dalam Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Padang Karambia, Senin pagi, 13/11/2017.

Upacara peringatan HKN ke-53 di Payakumbuh berlangsung khidmat, seluruh jajaran kesehatan, baik petugas puskesmas, RSUD, berbaris rapi. Juga hadir ketua DPRD Payakumbuh, YB Dt Permato Alam, unsur Polresta, unsur Kodim, para kepala perangkat daerah, IDI, IAKMI, IBI, kader kesehatan, forum kota sehat serta organisasi profesi lainnya juga memenuhi barisan tamu dalam upacara tersebut.

Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 Nopember, dan tahun 2017 sudah memasuki tahun ke-53. Dinas kesehatan Kota Payakumbuh memperingati HKN ini dengan menggelar beberapa item kegiatan, diantaranya lomba penyuluhan kesehatan, lomba pariwara pesan-pesan kesehatan, lomba melukis tembok promosi dalam memanfaatkan sisi dinding pagar yang kosong, serta lomba-lomba gembira antar petugas kesehatan.

Khusus melukis tembok promosi, dalam kesempatan usai upacara berlangsung, secara simbolis Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, juga turut berpartisipasi menorehkan sapuan kuas lukisan di balik tembok plang nama kantor Dinas Kesehatan yang nantinya akan dilukis lanjutan dengan lukisan pesan-pesan kesehatan. Turut pula ketua DPRD, Polresta, utusan Kodim, BPJS, direktur RSUD memberikan torehan sapuan cat lukisan di tembok yang sama sebagai simbolik dukungan atas pesan kesehatan kepada masyarakat.” Mari kita berikan pesan kesehatan melalui pemanfaatan lukisan di dinding”, kata Kadis Kesehatan, Elzadaswarman serambi memberi giliran kepada satu per satu kepala perangkat daerah tersebut.

Sehari sebelumnya, juga dilaksanakan senam pagi bersama seluruh jajaran kesehatan dengan masyarakat di lapangan kubu gadang Payakumbuh dalam rangka peringatan HKN ke-53 ini. Senam ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sebagai komitmen Nasional memasyarakatkan senam dalam HKN ke-53. Sementara itu sebagai buah atas keberhasilan Pemko Payakumbuh dalam melakukan pembinaan layanan dasar, di tingkat Propinsi, Puskesmas Padang Karambia sebagai puskesmas yang pertama kali ter-akreditasi di propinsi Sumatera Barat tahun 2016 lalu, juga menerima penghargaan sebagai Peringkat ke-2 Puskesmas Berprestasi Tingkat Perkotaan yang diterima langsung oleh Kepala Puskesmas, Liza Hanafiah, SKM.(Rahmat Sitepu)

Previous Post Next Post