Kelurahan Padang Datar Dinilai Tim Nasional Dalam Lomba TOGA Dan Akupresur

N3 Payakumbuh - Penilaian lomba Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur Tingkat Nasional di Kelurahan Padang Datar Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh hari ini di nilai Tim Penilai Tingkat Nasional, Jumat, (13/10)

Tim Penilai Tingkat Nasional disambut oleh Tari Gelombang Kelompok TOGA ASMAN, dan langsung di terima oleh Walikota Payakumbuh, yang diwakili oleh Sekdako Payakumbuh H. Ir. Benni Warlis, MM dt. Tan Batuah, yang di damping oleh Kepala Dinas Kominfo Elvi Jaya, TS , Tim Pembina Toga dari Provinsi Sumatera Barat, dan OPD terkait, Camat Payakumbuh Barat Nurdal,SH, Muspika Kecamatan, BPJS Kota Payakumbuh, Lurah se Kecamatan Payakumbuh Barat beserta Pemuka Masyarakat Kelurahan Padang Datar.

Sekdako Payakumbuh dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Tingkat Nasional, semoga Bapak ibu merasa betah dan nyaman selama berada di Kota Payakumbuh. Toga Asman Rosela Kelurahan Padang Datar ini merupakan penetapan dari hasil penilaian Provinsi Sumatera Barat yang meraih juara 1 Tingkat Sumareta Barat.

Dengan berusaha semaksimal mungkin dan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan semua lini, kita berharap nantinya Toga Asman Rosela menjadi Pemenang Terbaik di Nasional.
”Pemko Payakumbuh sangat mendukung kegiatan ini melalui kegiatan-kegiatan yang ada pada OPD terkat, dan diharapkan kerjasama petugas kesehatan dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat sehat mandiri sekaligus melestarikan budaya dalam penyehatan tradisional Indonesia, ” Harap Sekdako.

Tim Penilai Nasional yang di ketua oleh Ibu Inratri, SKM, MSi dalam sambutannya menyampaikan, Kelompok TOGA ROSELA Kelurahan Padang Datar termasuk nominasi 4 besar untuk kategori Kota tingkat nasional yaitu Kota Payakumbuh, Banten, Bangka Belitung dan Gorontalo.

"Kegiatan penilaian ini untuk mendorong komitmen kesehatan sehingga dapat mengurangi kunjungan masyarakat ke puskesmas atau rumah sakit dan nantinya masyarakat tidak lagi datang untuk berobat ke rumah sakit melainkan hanya sekedar konsultasi saja, Intinya masyarakat dapat mengatasi penyakit sendiri tanpa harus berobat ke rumah sakit.” harap Inratri.
Hasil dari penilaian ini nantinya akan kami umumkan pada acara puncak hari Kesehatan Nasional di Jakarta, ”pungkas Inratri.

Ketua kelompok toga dan Akupresur ROSELA kelurahan Padang Datar Tuti Sumarni menyampaikan ekspos di depan Tim penilai Nasional sambil memperagakan teknik pengobatan secara akupresur, "Akupresur merupakan tindakan penyembuhan kesehatan melalui penekanan jari-jari kepada tempat tertentu sehingga si penderita dapat mengurangi atau menyembuhkan seperti sakit perut dan sakit kepala,” ungkap Tuti.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post