Emzalmi : "Keberangkatan SKPD Bersama DPRD Tak Salahi Aturan"

N3, Padang -- Wakil Walikota Padang, Emzalmi  menanggapi dugaan akan tersendatnya pelayanan pada masyarakat terkait keikutsertaan lebih dari separoh pejabat di lingkungan Pemko Padang dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) Tiga Pansus DPRD Kota Padang menegaskan semua sudah mendapat izin dari Walikota atau Sekda Padang.
 
Wawako menyebut, "keberangkatan tersebut sudah dipertimbangkan dan memang diakui daerah sedang melakukan efesiensi. Hanya saja untuk pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, keberangkatan sebagian besar pejabat tidak menyalahi aturan yang ada, " sebutnya,
 
Menurutnya, keberangkatan pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam Pansus DPRD Kota Padang tersebut sah-sah saja selagi sesuai dengan tujuan keberangkatan. "Selagi tidak mengganggu kegiatan pokoknya sah-sah saja. Kan tujuannya jelas, sesuai kebutuhan. Itupun sesuai permintaan dari Pansus DPRD Padang. Sudah pasti ada izin pimpinan dan Sekda," ungkap Emzalmi.
 
Sementara Ketua DPRD Padang, Erisman menjelaskan, terkait keikutsertaan lebih dari separoh pejabat di lingkungan Pemko Padang,BUMN,BUMD dalam kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Tiga Pansus DPRD Kota Padang, merupakan kebutuhan dari masing – masing Pansus dan pastinya, Pansus mengakomodir sesuai kebutuhan dari kunjungan kerja tersebut.  Secara moril, pertanggungjawaban pada masyarakat ialah ide dan gagasan untuk merampungkan APBD-P tahun 2016. 
 
Penetapan pendampingan sesuai dengan kebutuhan pansus dan koordinator pada masing-masing Pansus. Memang benar ada beberapa Pansus yang cukup banyak mengikut sertakan mitra pendamping. Seperti Pansus I yang bertujuan kunker ke DPRD Makassar, DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), PT.Semen Tonosa. Pendampingnya adalah Dirut PDAM, Pimpinan cabang Bank Nagari, Kepala Dipenda, Kepala DPKA, Kepala Disperindagtamben, Dirut RSUD dan kabag Humas PT Semen Padang.
 
Pansus lain juga mengajak sejumlah pejabat SKPD. Seperti Kepala BKD dan Kasubag Umum Pemko Padang yang ikut bersama Pansus II. Kepala Dinas PU, Kepala BPKA dan Kepala Dinas Pasar mendampingi Pansus III ke Kemendagri, DPRD Kabupaten Bekasi dan Bappeda Kabupaten Bekasi. "Apakah efesien atau tidak itu tergantung kebutuhan Pansusnya. Namun hal tersebut bukan berarti DPRD Padang tidak mendukung penghematan. Pihaknya lebih melihat efektifitas dan kebutuhan,”ujar Erisman.
 
Menurutnya, karena yang diberangkatkan pada kunjungan kerja kali ini lebih banyak, tentu diharapkan hasil yang diperoleh juga lebih maksimal. Juga diharapkan dapat membawa galian potensi untuk peningkatan pendapatan semaksimal mungkin hingga berkontribusi cukup besar pada daerah. Jangan sampai daerah telah mengeluarkan anggaran tinggi namun tidak sebanding dengan out put yang diharapkan,”tutup Erisman.(M7).
Previous Post Next Post