Pembukaan TTG IV Kaltim

N3, Samarinda ~  Teknologi Tepat Guna (TTG) memegang peran penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Pemanfaatan teknologi sekaligus menjadi bagian dari upaya pemerataan pembangunan ekonomi.

"Peran  stategis TTG  terutama untuk mendukung pemanfaatan sumber daya lokal menuju peningkatan produktivitas dan daya saing usaha masyarakat, sekaligus pemerataan pembangunan," kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP  pada pembukaan Gelar TTG IV Provinsi Kaltim 2016 yang ditandai dengan pemukulan kentongan di Gedung Balikpapan Sport and  Convention Centre , Selasa (19/7).

Mukmin mengharapkan Gelar TTG  setiap tahun harus selalu meningkat, baik untuk provinsi maupun tingkat kabupaten/kota. Melalui TTG juga diperoleh berbagai informasi dan wawasan masyarakat sesuai dengan bidang masing-masing, sehingga mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Kaltim.

"Gelar TTG harus ada kemajuan, sehingga masyarakat bisa mencontoh dari hasil kerja dan kreasi yang dihasilkan, sehingga tidak monoton. Karena itu harus ada inovasi dalam menciptakan berbagai produk, sehingga bermanfaat bagi masyarakat," kata Mukmin.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim HM Jauhar Efendi mengatakan maksud penyelenggaraan TTG sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi terkait pemanfaatan teknologi yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

"Tujuan pelaksanaan TTG adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat serta peningkatan pendayagunaan teknologi tepat guna pedesaan menuju kemandirian desa. Ditambahkan TTG tahun ini banyak teknologi yang diciptakan dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Karena itu semua SKPD yang terlibat harus melakukan pembinaan dan perhatian terhadap alat-alat yang diciptakan, baik di perkotaan maupun pedesaan," kata Jauhar.

Pemprov Kaltim memberikan perhatian cukup besar terhadap pengembangan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) dengan bantuan pembinaan kepada 15 Posyantek yang tersebar di kabupaten/kota, masing-masing Rp35 juta.

Usai membuka Gelar TTG, Mukmin Faisyal didampingi Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan HM Jauhar Efendi melakukan peninjauan stand pameran  teknologi yang diikuti kabupaten/kota dan dinas serta instansi terkait lainnya. Rel
Previous Post Next Post