Cabe Komoditi Andalan Petani Gunung Singgalang

N3, Sumbar ~ Dimasa tanam saat ini, para penduduk yang berada disekitaran kaki Gunung Singgalang menjatuhkan pilihan untuk menanam hasil kebun kepada tanaman cabe. Menurut keterangan salah seorang warga Nedi yang berprofesi petani, saat ini cabe telah menjadi hasil ladang yang begitu tinggi dipasaran melebihi hasil kebun yang lain.
 
Selain cabe juga ada hasil kebun yang tidak kalah juga dari harga cabe yaitu sayur sayuran dan bawang.sayur yang menjadi penunjang pendapatan para petani terasa sangat berpengaruh bagi perekonomian warga disamping cabe yang menjadi pendapatan pokok petani untuk musim saat ini.
 
Tidak sedikit pula kendala kendala yang dihadapi para petani, seperti masalah udara.hama dan beberapa gangguan hama lainnya.semua itu membuat para petani harus ekstra memantau tanaman yang ada dikebun dan juga harus selalu menjaga kadar air agar selalu normal sebab hal itu sangat berpengaruh untuk kualitas hasil kebun.
 
Saat ini harga cabe dipasaran mencapai 40 ribu per kilo, tapi harga tersebut tidak selalu bertahan lama.terkadang kualitas cabe juga menjadi patokan para distributor atau penyalur ke pasar pasar yang ada disekitar kota padang panjang dan bukittinggi. (Afrizon Abe melaporkan dari kaki gunung singgalang.)
Previous Post Next Post